@phdthesis{digilib33705,
           month = {November},
           title = {FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKKI
DALAM MENYALURKAN ZAKAT MAL DI YAYASAN BAITUL MAAL
MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM. 13380006 WAHYU YULIANA},
            year = {2018},
            note = {Dra. Hj. Widyarini, M.M.},
        keywords = {minat muzakki, kepercayaan, promosi, dan image.},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33705/},
        abstract = {Zakat Maal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan oleh muzakki yang
sudah mencapai nisab dan haul. Zakat merupakan rukun Islam ke empat. Zakat
dapat dikeluarkan oleh muzakki melalui lembaga yang berwenang dalam
mengelola dana zakat yang mencakup; pengumpulan, pendistribusian, dan
pendayagunaan dana zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya
sesuai yang diatur dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2011. Dalam
pengeluarannya muzakki mempunyai minat terhadap lembaga zakat yang di
inginkan untuk membayarkan zakatnya. Salah satunya adalah Yayasan Baitul Mal
Masjid Jogokariyan Yogyakarta yang dipilih oleh muzakki.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kepercayaan, promosi
dan image dalam mempengaruhi minat masyarakat dalam membayar atau
menyalurkan zakat mal di Yayasan Baitul Maal Masjid Jogokariyan Yogyakarta.
Objek dalam penelitian ini adalah muzakki sekitar masjid Jogokariyan
Yogyakarta, dengan jumlah 67 responden, menggunakan pendekatan kuantitatif,
dan menggunakan program SPSS (statistikal product and servic solution) versi
22,00.
Hasil uji model signifikan (Uji F) menunjukkan faktor kepercayaan,
promosi dan image berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam membayar atau
menyalurkan zakat mal. Hasil uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel
kepercayaan dan promosi memberikan pengaruh tidak signifikan. Sedangkan
variabel image lembaga memberikan pengaruh yang signifikan.}
}