@phdthesis{digilib33714, month = {August}, title = {PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROFESI SPG PERUSAHAAN (STUDI KASUS SPG PERUSAHAAN ?R? DI SEMARANG)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 14540016 ATTAUFIQIYAH}, year = {2018}, note = {Dr. Rr, Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag, M.Pd., M.A.,}, keywords = {Persepsi Masyarakat, Sales Promotion Girl (SPG)}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33714/}, abstract = {Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi masyarakat terhadap profesi Sales Promotion Girl (SPG) perusahaan ?R? di Semarang?; 2) Bagaimana tanggapan Sales Promotion Girl (SPG) terhadap persepsi masyarakat tentang dirinya? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap profesi Sales Promotion Girl (SPG) perusahaan ?R? di Semarang dan tanggapan Sales Promotion Girl (SPG) terhadap persepsi masyarakat tentang dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini digunakan purposive sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini melalui wawancara dan observasi. Informan dalam peneliti ini adalah pengunjung dan SPG Perusahaan ?R? di Semarang. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh melalui data kepustakaan dan dokumentasi atau data lapangan yang telah tersedia dapat berupa buku, jurnal dan lainnya. Data ini diklasifikasikan dan dipilih sesuai dengan kebutuhan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat terhadap profesi Sales Promotion Girl (SPG) perusahaan ?R? di Semarang, pada umumnya mereka memandang profesinya relatif secara positif. Persepsi masyarakat terhadap sales promotion girl umumnya adalah negatif. Tetapi sebetulnya ada juga yang positif, terutama dalam pandangan mereka yang memiliki pandangan luas (tidak berpikiran sempit), dan pengetahuan yang memadai tentang profesi SPG. Persepsi negatif terhadap SPG dan profesinya merupakan stereotipe yang terbangun dari kesan permukaan yang terutama ditimbulkan dari pencitraan atas penampilan fisik dan body language para SPG. Tanggapan Sales Promotion Girl (SPG) terhadap persepsi masyarakat tentang dirinya, mereka tidak sependapat dengan apa yang dipersepsikan masyarakat terhadap mereka, umummnya lebih mengambil sikap diam saja atau dapat dikatakan bersikap acuh tidak acuh atau tidak mempedulikan pandangan masyarakat terhadap dirinya. Mereka sudah terbiasa dengan persepsi masyarakat mengenai mereka, dan mereka tidak dapat berbuat apaapa juga untuk merubahnya. Hal itu tidak membuat mereka mundur dari pekerjaannya sebagai SPG, karena mereka mempunyai motivasi dan pemikiran sendiri dalam memilih dan menjalankan profesi tersebut.} }