eprintid: 3374 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/33/74 datestamp: 2012-08-15 10:35:15 lastmod: 2016-03-01 04:18:46 status_changed: 2012-05-04 16:44:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NOOR SRI ASIH - NIM. 04451086, title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI POKOK JAMUR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK SISWA KELAS X C MAN TEMPEL TAHUN AJARAN 2008/2009 ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: STAD, aktivitas belajar , kognitif dan MAN Tempel note: Cth. Pembimbing : Drs. Sudjoko, M.S abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanan diterapkannya model pembelajaran STAD pada mata pelajaran Biologi dengan materi pokok Jamur dan banyaknya siklus pembelajaran yang terlaksana. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif pada tingkat pemahaman yang dicapai oleh siswa pada setiap siklus pembelajarannya. Subyek dalam penelitian ini kelas X C MAN Tempel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang direncanakan sampai dengan 2 siklus. Pengambilan data penelitian ini meliputi data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil pengamatan dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar kognitif tingkat pemahaman siswa diperoleh dari hasil tes dengan menggunakan soal pre-test dan post-test. Data aktivitas belajar siswa dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentasenya sedangkan data hasil belajar kognitif tingkat pemahaman siswa dengan mencari effect sizenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD dapat terlaksana di kelas X C MAN Tempel dengan materi pokok Jamur. Banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif tingkat pemahaman siswa adalah 2 siklus pembelajaran. Hasil yang dicapai pada siklus pertama adalah munculnya aktivitas belajar siswa yaitu melaksanakan tugas kelompok, bekerjasama dan berdiskusi, bertanya dan menjawab pertanyaan, keikutsertaan dan kontribusi siswa dalam berdiskusi, merespon penjelasan guru,presentasi hasil diskusi, menghargai teman dan kelompok. Sedangkan hasil yang dicapai pada siklus kedua adalah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam belajar serta hasil belajar kognitif siswa pada tingkat pemahaman siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar siswa di siklus kedua pada kategori baik sebesar 30% dan baik sekali sebesar 38,4%. Peningkatan hasil belajar kognitif tingkat pemahaman siswa ditunjukkan dari hasil effect size sebesar 1,8. date: 2010-01-20 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-01-20 10:49:41 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--noorsriasi-3158-1-noorsri-d.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/64/digilib-uinsuka--noorsriasi-3158-1-noorsri-d.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3577 ; nama file lama : NOOR SRI ASIH 04451086 PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI POKOK JAMUR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1899465 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NOOR SRI ASIH - NIM. 04451086, (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI POKOK JAMUR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK SISWA KELAS X C MAN TEMPEL TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3374/1/BAB%20I%2C%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3374/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf