eprintid: 33750 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/37/50 datestamp: 2019-03-12 04:19:07 lastmod: 2019-03-12 04:19:07 status_changed: 2019-03-12 04:19:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Titi Ikromah Fidianti, NIM. 13480127 title: PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BEDA AGAMA DI KELAS MIDDLE SD TUMBUH 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Peran Guru Agama, Sikap Toleransi note: Dr.H.Sedya Santosa,SS.,M.Pd abstract: Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, yang terdiri dari banyak suku, budaya, bahasa, dan agama. Melihat keberagaman yang ada di Indonesia sebagai warga negara patut bangga atas keanekaragaman yang dimiliki. Namun akhir-akhir ini gejala anti keberagaman dan intoleran kian banyak di Indonesia, Bahkan merambah kedalam dunia pendidikan. Seperti aksi bullying di sekolah. Sebagai seorang guru agama di SD Tumbuh 3 Yogyakarta yang memiliki siswa yang beragam memiliki peran penting untuk menanamkan sikap toleransi kepada siswanya sejak dini, supaya siswa memiliki rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain dengan itu maka kebhinekaan tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru agama dalam menanamkan sikap toleransi beda agama. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peran guru agama dalam menanamkan sikap toleransi beda agama di kelas Middle SD Tumbuh 3 Yogyakarta, (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat guru agama dalam menanamkan sikap toleransi beda agama di kelas Middle SD Tumbuh 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah adalah kualitatif dengan mengambil latar di SD Tumbuh 3 Yogyakarta dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendapat Bogdan melalui proses mencari serta menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahanbahan lainnya. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran guru agama dalam menanamkan sikap toleransi beda agama di kelas Middle SD Tumbuh 3 Yogyakarta adalah sebagai pendidik, sebagai pengajar, sebagai pembimbing, sebagai penasihat, sebagai pembaharu (innovator), sebagai emansipator, sebagai evaluator. (2) faktor pendukung guru dalam menanamkan sikap toleransi beda agama yaitu kebijakan sekolah dan hubungan yang baik antara warga sekolah (kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, dan orangtua). Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman orangtua tentang SD Tumbuh 3 Yogyakarta dan kurang memadainya sarana dan prasarana. date: 2018-08-08 date_type: published pages: 183 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Titi Ikromah Fidianti, NIM. 13480127 (2018) PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BEDA AGAMA DI KELAS MIDDLE SD TUMBUH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33750/1/13480127_BAB-%20I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33750/2/13480127_BAB%20II_SAMPAI-BAB-TERAKHIR.pdf