eprintid: 33753
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12259
dir: disk0/00/03/37/53
datestamp: 2019-03-12 06:30:39
lastmod: 2019-03-12 06:30:39
status_changed: 2019-03-12 06:30:39
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: MIFTAHUL MUNAWAROH, NIM. 14480002
title: PERAN PEMBIASAAN INFAK UNTUK MEMBENTUK SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS III
DI MIN 1 YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: pg_mi
divisions: pgmi
full_text_status: restricted
keywords: Pembiasaan, Infak, Kepedulian Sosial
note: Dr. H Sedya Santosa, SS, M.Pd.,
abstract: Peserta didik harus memiliki sikap kepedulian sosial, apalagi di zaman yang modern ini banyak orang yang bersikap individual tanpa peduli terhadap lingkungan sekitarnya, oleh karena itu baik orang tua maupun guru harus menanamkan sejak dini sikap kepedulian peserta didik, salah satu caranya melalui kegiatan infak. Atas dasar itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan bagaimana pelaksanaan infak di kelas III di MIN 1 Yogyakarta, (2) Menjelaskan bagaimana peran pembiasaan infak untuk membentuk sikap kepedulian sosial peserta didik dikelas III di MIN 1 Yogyakarat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti mendeskripsikan suatu fenomena atau suatu keadaan yang sebenarnya dialami oleh subjek. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III C serta guru kelas III C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Instrumen utama peneliti menggunakan alat bantu berupa pendoman observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian antara lain: (1) Pelaksanaan infak di kelas III C sudah rutin dilakukan oleh peserta didik setiap hari Senin sampai hari Sabtu, diwaktu pagi hari. Hal tersebut terlihat dari sebelum peserta didik memulai pembelajaran. Peserta didik secara ikhlas menyisihkan uang jajan yang dimiliki untuk berinfak. Kegiatan infak ini untuk membeli hewan kurban pada hari raya Idul Adha dan untuk kegiatan amal dan sebagainya. (2) Pembiasaan peserta didik dalam berinfak ini dapat membentuk sikap kepedulian sosial peserta didik. Sikap kepedulian peserta didik diantaranya peserta didik saling tolong-menolong, baik menolong teman ataupun orang lain, memiliki persaudaraan yang tinggi dengan sikap peduli terhadap sesama, dan mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya.
date: 2018-11-14
date_type: published
pages: 205
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   MIFTAHUL MUNAWAROH, NIM. 14480002  (2018) PERAN PEMBIASAAN INFAK UNTUK MEMBENTUK SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS III DI MIN 1 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33753/1/14480002_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33753/2/14480002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf