eprintid: 33755 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/37/55 datestamp: 2019-03-12 06:36:38 lastmod: 2019-03-12 06:36:38 status_changed: 2019-03-12 06:36:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RINDI ANTIKA, NIM. 14480004 title: PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS VI MI AL IHSAN MEDARI TAHUN AJARAN 2017/2018 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Peran, Prestasi Belajar, Bahasa Indonesia note: Dr.Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd, abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran dan motivasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas VI MI Al-Ihsan Medari tahun ajaran 2017/2018, (2) faktor yang menjadi pendukung dan penghambat peran motivasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas VI MI Al-Ihsan Medari tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua peserta didik siswa kelas VI MI Al Ihsan Medari yang berjumlah 10 peserta didik. Subjek tersebut dipilih berdasarkan klasifikasi prestasi belajar yang didapatkan yaitu: prestasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas VI MI Al Ihsan. Peran orang tua yang dilakukan berupa pemberian bimbingan, peran orang tua sebagai motivator, dan memberikan fasilitas memadai bagi belajar anak. Peran orang tua tersebut telah dilaksanakan oleh 10 orang tua yang menjadi narasumber penelitian. Peran yang dilaksanakan oleh orang tua tersebut mempengaruhi peningkatan prestasi belajar. Melalui data nilai UH, tugas, PTS, dan PAS pada kelas V dan Kelas VI menunjukkan bahwa dari 10 peserta didik mengalami peningkatan prestasi belajar dengan klasifikasi: 2 peserta didik memiliki nilai rata-rata 90, 6 peserta didik memiliki rata-rata pada rentang 78-71, dan 2 peserta didik memiliki rata-rata 62. Sehingga peran dan motivasi yang telah dilaksanakan oleh orang tua memiliki andil dalam peningkatan prestasi belajar yang didapatkan anak, (2) Faktor pendukung dalam peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia peserta didik Kelas 6 MI Al Ihsan Medari yaitu: perhatian orang tua, fasilitas belajar yang diberikan, dan kesiapan anak dalam belajar. Faktor penghambat dalam peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia peserta didik Kelas 6 MI Al Ihsan Medari yaitu: keadaan anak yang malas belajar, Jenis kelamin, dan kurangnya komunikasi. date: 2018-07-31 date_type: published pages: 267 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RINDI ANTIKA, NIM. 14480004 (2018) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS VI MI AL IHSAN MEDARI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33755/1/14480004_%20BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33755/2/14480004_%20BAB-II%2C%20III%2C%20IV.pdf