@phdthesis{digilib33761, month = {August}, title = {PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI MA?ARIF BEGO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14480032 YUNI SETYANINGSIH}, year = {2018}, note = {Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si}, keywords = {Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik, Motivasi Belajar Peserta Didik}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33761/}, abstract = {Ketidakberanian peserta didik untuk mengungkapkan pendapat saat berdiskusi, kurang semangat untuk belajar, belum lancar membaca, kesulitan dalam memahami bacaan, dan kesulitan belajar lainnya merupakan salah satu permasalahan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Motivasi belajar peserta didik dapat berasal dari dalam diri peserta didik maupun karena faktor dari luar. Kehadiran pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik Kurikulum 2013 diyakini mampu mendorong peserta didik untuk berani mengungkapkan pendapat saat berdiskusi, semangat untuk belajar, lancar membaca, dan memahami bacaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas V MI Ma?arif Bego, (2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas V MI Ma?arif Bego. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dan berlokasi di MI Ma?arif Bego Sembego Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Metode penelitian meliputi: metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memusatkan data yang muncul dari catatan lapangan, kemudian menyusun pola hubungan dari hasil penelitian dalam bentuk narasi dan menarik kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik terlihat dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Terdapat juga faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik yang meliputi peran guru, peran peserta didik, peran orangtua, media pembelajaran, karakter peserta didik, dan alokasi waktu pembelajaran} }