%0 Thesis %9 Skripsi %A NASIRUDDIN, NIM. 11140058 %B FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA %D 2018 %F digilib:33765 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Pembinaan, Perpustakaan Sekolah %P 142 %T STRATEGI PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33765/ %X Skripsi ini membahas pembinaan perpustakaan Sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan melalui wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive sampling yang dipercaya dan mengerti mengenai strategi pembinaan perpustakaan sekolah di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses analisis data menggunakan teori Miles dan Hubermen , yaitu (1) Reduksi data: menfokuskan pada tema penelitian, (2) Penyajian data : menjelaskan berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta (3) Penarikan kesimpulan: menyimpulkan hasil analisis setelah tahapan analisis selesai. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat cara,yaitu : credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Strategi pembinaan perpustakaan sekolah ini diteliti untuk mengenai bagaimana cara pelaksanaannya dan kendala yang dihadapi oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam melakukan pembinaan perpustakaan sekolah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk pembinaan perpustakaan sekolah yang diteliti meliputi Koordinasi, Bimbingan Teknis, Pendampingan, Akreditasi Perpustakaan. Kendala yang dihadapi dalam pembinaan perpustakaan sekolah antara lain : kurangnya tenaga perpustakaan , kurangnya sarana tranfortasi untuk melakukan pembinaan, komitmen kepala sekolah untuk mengembangkan perpustakaan. Pentingnya kerjasama antara perpustakaan sekolah, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan lembaga lembaga lain untuk memperhatikan dan membantu kelancaran pelaksanaan dan pengembangan perpustakaan sekolah. %Z Marwiyah, S.Ag., S.S., M.LIS.