%0 Thesis
%9 Skripsi
%A IRMA DAMAYANTI, NIM. 14480086
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2018
%F digilib:33789
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Reinforcement skill, Pembelajaran, Karakteristik Peserta Didik
%P 228
%T PENERAPAN KOMPONEN REINFORCEMENT SKILL PADA  PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III C MIN 1 YOGYAKARTA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33789/
%X Seorang guru wajib memiliki kemampuan dasar mengajar. Guru dan peserta  didik merupakan pelaku terlaksananya tujuan pembelajaran. Guru dituntut memiliki  dasar - dasar keterampilan mengajar untuk mendukung terciptanya pembelajaran  yang berkualitas. Salah satu cara menciptakan suasana yang berkualitas tersebut  adalah dengan memberikan penguatan atau reinforcement skill terhadap peserta didik.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan Komponen  reinforcement skill pada pembelajaran Tematik kelas III C MIN 1 Yogyakarta, dan 2)  Cara memberikan reinforcement skill pada pembelajaran Tematik kelas III C MIN 1  Yogyakarta.  Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti  mendeskripsikan suatu fenomena atau suatu keadaan yang sebenarnya dialami oleh  subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan)  tekhnik yaitu: observasi non participatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik  analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan  teknik pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan hasil penelitian  kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan komponen reinforcement  skill pada pembelajaran tematik kelas III C MIN 1 Yogyakarta, meliputi a) Penguatan  verbal berupa pujian kepada peserta didik untuk memotivasi peserta didik, berupa  kata-kata maupun dengan kalimat, dan b) Penguatan non verbal yang berupa  senyuman dan gerakan, mendekati peserta didik dengan cara berinteraksi dengan  peserta didik, kegiatan yang menyenangkan berupa yel-yel atau nyanyian serta  simbol dan benda, dan 2) Cara memberikan penguatan (reinforcement skill)  diterapkan kepada pribadi tertentu, penguatan kepada kelompok tertentu, pemberian  penguatan dengan segera dan juga memberikan variasi dalam penerapan penguatan.
%Z Dr. H. Sedya Santosa, SS., M. Pd