%A NIM. 14480102 Noverando Deni Putra Pratama %O Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd %T PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE I-SPRING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI REJOSARI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA %X Kendala yang dialami oleh guru kelas IV SD Negeri Rejosari salah satunya terkait dengan rendahnya motivasi belajar siswa.Sebanyak 80% siswa kelas IV SD Negeri Rejosari mempunyai motivasi belajar yang rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa ini mempengaruhi proses pembelajaran sehari-hari. Permasalahan lain yang muncul dalam kegiatan belajar mengajar di kelas IV yaitu kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan cenderung tekstual dan monoton. Dari permasalahan tersebut perlu adanya sebuah ide agar siswa mempunyai motivasi yang baik untuk mengikuti proses pembelajaran. Sehingga pentingnya penggunaan media I-Spring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Rejosari. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Rejosari dengan menggunakan media pembelajaran I-Spring. Jenis penelitian yang digunakan yaitupenelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu: merencanakan, melakukan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Kriteria keberhasilan dalam penelitian tindakan ini adalah 80% dari jumlah siswa kelas IV mendapatkan point minimal 80 dalam observasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Rejosari dengan subyek penelitian siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket (kuisioner), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Rejosari. Pada kegiatan observasi pra siklus diperoleh angka 30% siswa yang memperoleh poin diatas kriteria yang diharapkan dalam penelitian. Setelah penggunaan media I-Spring dalam proses pembelajaran, pada kegiatan observasi tahap siklus I diperoleh angka 50% pada pertemuan 1 dan naik menjadi 70% pada pertemuan 2. Pada tahap 2 digunakan media I-Spring dan dilakukan penambahan strategi TGT. Hasil observasi yang diperoleh pada siklus II siswa yang memperoleh point diatas kriteria sebesar 90% pada pertemuan 1 dan 80% pada pertemuan 2. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media I-Spring dalam proses pembelajaran tematik telah meningkatkan motivasi belajar siswa. %K PTK, I-Spring, Motivasi Belajar %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib33795