%A NIM. 14480113 Wahyu Handoko %O Dr. Khamim Zarkasih Putro, M.Si %T FILANTROPI PENDIDIKAN UNTUK MENUMBUHKAN MUTU MADRASAH DI MI MUHAMMADIYAH KAWERON MUNTILAN MAGELANG %X Madrasah adalah sekolah umum yang bercirikan agama Islam dengan kurikulum berasal dari departemen agama. Secara umum mutu madrasah belum sesuai dengan yang diharapkan banyak pihak. Lulusan yang seadanya, pembelajaran dan sarana prasarana yang ada terbatas, serta kekurangan pendanaan merupakan permasalahan yang dialami madrasah swasta khususnya. Untuk itu madrasah harus berupaya munumbuhkan mutu madrasah semaksimal mungkin, khusunya melalui kegiatan filantropi atau bantuan secara sukarela dari berbagai pihak. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk Mengetahui Bentuk-Bentuk Filantropi Pendidikan di MI Muhammadiyah Kaweron, 2) Untuk Mengetahui Upaya Menumbuhkan Mutu Madrasah di MI Muhammadiyah Kaweron. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang ditinjau dari segi pemaparan data atau informasi. Pengambilan data melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik pengumpulan, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk praktik filantropi pendidikan yang ada di MI Muhammadiyah Kaweron meliputi; zakat fitrah, zakat pendapatan, infak dan sedekah wali murid, infak dan sedekah alumni madrasah, infak dan sedekah pengurus yayasan, infak dan sedekah peserta didik, infak dan sedekah masyarakat umum, infak dan sedekah warga madrasah, wakaf tanah. 2) Indikator mutu madrasah yang ditumbuhkan melalui filantropi di MI Muhammadiyah Kaweron diantaranya meliputi; pengelolaan pendanaan khususnya hasil filantropi, fokus kepada kepuasan pelanggan madrasah melalui peningkatan mutu, pendanaan kegaiatan evaluasi madrasah, pendanaan kegiatan kerjasama madrasah, pendanaan pelatihan dan peningkatan ketrampilan guru, pendanaan pendukung sumberdaya madrasah, pendanaan peningkatan prestasi, pendanaan pengelolaan tenaga kependidikan. %K Filantropi Pendidikan, Mutu, Indikator Mutu %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib33797