@phdthesis{digilib33800, month = {October}, title = {IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDIT LUQMAN HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14480120 Nurul Faizah}, year = {2018}, note = {Dr. Ichsan, M. Pd}, keywords = {Pendidikan Karakter Religius, Budaya Sekolah, Aktualisasi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33800/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi dengan pendidikan karakter sebagai salah satu bentuk pembaharuan pendidikan di Indonesia yang perlu diterapkan dalam setiap lembaga pendidikan secara optimal, hal tersebut ditujukan untuk menghindari dekadensi moral generasi bangsa dan sekaligus mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Untuk itu, sekolah harus memiliki budaya sekolah yang kondusif yang dapat memberi ruang dan kesempatan bagi setiap warga sekolah untuk mengoptimalkan potensi dirinya masing-masing. Penelitian ini bertjuan pertama, mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Kedua, mengetahui aktualisasi karakter religius peserta didik melalui budaya sekolah di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, karena penelitian ini memberikan gambaran tentang permasalahan melalui analisis dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya yakni mengenai implementasi pendidikan karakter religius di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta dalam wujud artefak, nilai dan keyakinan, asumsi, serta aktualisasi karakter religius peserta didik di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi melalui pengecekan keabsahan data dari berbagai sumber dan dengan berbagai cara. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta meliputi: 1) wujud artefak yang tertuang dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius serta fasilitas yang disediakan; 2) wujud nilai dan keyakinan yang tertuang dalam perencanaan sekolah dalam mewujudkan insan kamil; 3) Asumsi warga sekolah dalam pendidikan karakter religius peserta didik di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Sedangkan aktualisasi karakter religius peserta didik melalui budaya sekolah di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta dapat dilihat melalui lima dimensi religiusitas, yaitu: dimensi keyakinan agama, dimensi praktik agama, dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan agama, serta dimensi pengamalan dan konsekuensi.} }