%0 Thesis %9 Skripsi %A Khodijah Noor Rahmawati, NIM.14480126 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:33803 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K program taḥfiẓ, taḥfiẓ al-Qur‟an %P 175 %T IMPLEMENTASI PROGRAM TAḤFIẒ AL-QUR’AN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS 1C MIN 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33803/ %X Melihat realita zaman modern ini, banyak pengaruh teknologi dan fasilitas bermain yang semakin beragam, sehingga tidak mudah menumbuhkan kesadaran bagi umat Islam, khususnya anak-anak untuk menghafalkan al-Qur‟an, karena akan lebih mudah jika menghafal al-Qur‟an dimulai sejak usia dini, sehingga anak akan lebih cepat daya serap ingatannya untuk mencapai hafalan yang diharapkan, maka dibutuhkan suatu wadah untuk memotivasi dan menghafal al-Qur‟an. Salah satu sekolah yang mengajarkan program taḥfiẓ al-Qur‟an adalah kelas 1C MIN 1 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran program taḥfiẓ al-Qur‟an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta, (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran taḥfiẓ al-Qur‟an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran taḥfiẓ al-Qur‟an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas 1C MIN 1 Yogyakarta, objek penelitian ini adalah implementasi program taḥfiẓ al-Qur‟an di kelas 1C.pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut penulis analisis dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan penulis memperoleh temuan-temuan antara lain:(1) latar belakang program taḥfiẓ al-Qur‟an di kelas 1C MIN 1 Yogyakarta yaitu adanya tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan dari kelas, orang tua, dan siswa; (2) tujuan program taḥfiẓ al-Qur‟an yaitu mencetak generasi penghafal al-Qur‟an sejak dini; (3) program taḥfiẓ ini diwajibkan bagi kelas 1C dengan target hafalan juz 30 di semester ganjil dan surat-surat pilihan di semester genap; (4) materi meliputi juz 30 dan surat-surat pilihan yang dipilih oleh guru kelas; (5) sistem penilaian berupa setoran harian dan %Z Dr. Nur Hidayat, M. Ag