TY - THES N1 - Dr. Nur Hidayat, M. Ag ID - digilib33803 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33803/ A1 - Khodijah Noor Rahmawati, NIM.14480126 Y1 - 2018/08/30/ N2 - Melihat realita zaman modern ini, banyak pengaruh teknologi dan fasilitas bermain yang semakin beragam, sehingga tidak mudah menumbuhkan kesadaran bagi umat Islam, khususnya anak-anak untuk menghafalkan al-Qur?an, karena akan lebih mudah jika menghafal al-Qur?an dimulai sejak usia dini, sehingga anak akan lebih cepat daya serap ingatannya untuk mencapai hafalan yang diharapkan, maka dibutuhkan suatu wadah untuk memotivasi dan menghafal al-Qur?an. Salah satu sekolah yang mengajarkan program ta?fi? al-Qur?an adalah kelas 1C MIN 1 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran program ta?fi? al-Qur?an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta, (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran ta?fi? al-Qur?an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran ta?fi? al-Qur?an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas 1C MIN 1 Yogyakarta, objek penelitian ini adalah implementasi program ta?fi? al-Qur?an di kelas 1C.pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut penulis analisis dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan penulis memperoleh temuan-temuan antara lain:(1) latar belakang program ta?fi? al-Qur?an di kelas 1C MIN 1 Yogyakarta yaitu adanya tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan dari kelas, orang tua, dan siswa; (2) tujuan program ta?fi? al-Qur?an yaitu mencetak generasi penghafal al-Qur?an sejak dini; (3) program ta?fi? ini diwajibkan bagi kelas 1C dengan target hafalan juz 30 di semester ganjil dan surat-surat pilihan di semester genap; (4) materi meliputi juz 30 dan surat-surat pilihan yang dipilih oleh guru kelas; (5) sistem penilaian berupa setoran harian dan PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - program ta?fi? KW - ta?fi? al-Qur?an M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PROGRAM TA?FI? AL-QUR?AN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS 1C MIN 1 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 175 ER -