eprintid: 33803 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/38/03 datestamp: 2019-03-13 06:56:56 lastmod: 2019-03-13 06:56:56 status_changed: 2019-03-13 06:56:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khodijah Noor Rahmawati, NIM.14480126 title: IMPLEMENTASI PROGRAM TAḤFIẒ AL-QUR’AN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS 1C MIN 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: program taḥfiẓ, taḥfiẓ al-Qur‟an note: Dr. Nur Hidayat, M. Ag abstract: Melihat realita zaman modern ini, banyak pengaruh teknologi dan fasilitas bermain yang semakin beragam, sehingga tidak mudah menumbuhkan kesadaran bagi umat Islam, khususnya anak-anak untuk menghafalkan al-Qur‟an, karena akan lebih mudah jika menghafal al-Qur‟an dimulai sejak usia dini, sehingga anak akan lebih cepat daya serap ingatannya untuk mencapai hafalan yang diharapkan, maka dibutuhkan suatu wadah untuk memotivasi dan menghafal al-Qur‟an. Salah satu sekolah yang mengajarkan program taḥfiẓ al-Qur‟an adalah kelas 1C MIN 1 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran program taḥfiẓ al-Qur‟an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta, (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran taḥfiẓ al-Qur‟an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran taḥfiẓ al-Qur‟an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas 1C MIN 1 Yogyakarta, objek penelitian ini adalah implementasi program taḥfiẓ al-Qur‟an di kelas 1C.pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut penulis analisis dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan penulis memperoleh temuan-temuan antara lain:(1) latar belakang program taḥfiẓ al-Qur‟an di kelas 1C MIN 1 Yogyakarta yaitu adanya tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan dari kelas, orang tua, dan siswa; (2) tujuan program taḥfiẓ al-Qur‟an yaitu mencetak generasi penghafal al-Qur‟an sejak dini; (3) program taḥfiẓ ini diwajibkan bagi kelas 1C dengan target hafalan juz 30 di semester ganjil dan surat-surat pilihan di semester genap; (4) materi meliputi juz 30 dan surat-surat pilihan yang dipilih oleh guru kelas; (5) sistem penilaian berupa setoran harian dan date: 2018-08-30 date_type: published pages: 175 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Khodijah Noor Rahmawati, NIM.14480126 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM TAḤFIẒ AL-QUR’AN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS 1C MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33803/1/14480126_BAB-1_V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33803/2/14480126_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BABA-TERAKHIR.pdf