TY - THES N1 - Slamet, S.Ag.,M.Si ID - digilib33819 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33819/ A1 - AFIKAH, NIM. 13220017 Y1 - 2018/09/24/ N2 - x ABSTRAK AFIKAH (13220017). Studi Komparasi Motivasi Belajar antara Siswa Boarding School dengan Fullday School di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Sesuai dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat, siswa lebih fokus dengan dunia elektronik seperti bermain gadget via BBM (Blackberry Messenger), Whatsapp, Instagram, Facebook, Line, dan sebagainya yang menjadi candu sampai lupa waktu belajarnya. Dalam hal ini kesadaran belajar masih kurang , untuk itu untuk meningkatkan belajar yang baik, maka perlu dorongan yang kuat dari dalam diri siswa sendiri maupun dorongan dari luar diri siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menempuh pendidikan boarding dengan siswa yang menempuh pendidikan fullday school. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menempuh pendidikan boarding dengan siswa yang menempuh pendidikan fullday school. Motivasi belajar siswa yang menempuh pendidikan boarding lebih tinggi dibanding siswa yang menempuh pendidikan fullday. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta yang berjumlah 231 siswa. Penentuan sampel dengan mengunakan teknik cluster random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak berkelompok. Didapatkan kelas VIII F DAN VIII G dengan jumlah 64 siswa dan kelas VIII E dan VIII H dengan jumlah 62 siswa sebagai uji coba. Alat pengumpulan data menggunakan Skala Likert Motivasi Belajar dengan alternatif empat jawaban yaitu: sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik independent sample t-test, dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menempuh pendidikan boarding dengan siswa yang menempuh pendidikan fullday. Siswa yang menempuh pendidikan boarding memiliki mean sebesar 102,37 sedangkan siswa yang menempuh pendidikan fullday memiliki mean sebesar 101,90 dengan taraf signifikan 0,890 (P0,05) berdasarkan hasil tersebut hipotesis tidak diteri PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Motivasi Belajar KW - siswa boarding KW - siswa fullday M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR ANTARA SISWA BOARDING SCHOOL DENGAN SISWA FULLDAY SCHOOL DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA AV - restricted EP - 122 ER -