@phdthesis{digilib33828, month = {August}, title = {TOLAK UKUR KINERJA LEMBAGA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI LAMPUNG DALAM TINJAUAN MAQASID AL ?AMMAH}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM: 1620310011 OKTAN TRIAS PUTRA}, year = {2018}, note = {Dr. Hj. Siti Fatimah, S.H., M. Hum}, keywords = {pengawasan, pelayanan publik, Provinsi Lampung, Ombudsman RI}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33828/}, abstract = {Isu tentang pengawasan pelayanan publik di Provinsi Lampung yang dimana di lakukan Ombudsman RI Provinsi Lampung ini menarik karena berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat luas. Penelitian yang akan dilakukan akan lebih terfokus pada bagaimana tolak ukur kinerja Ombudsman sebagai lembaga pengawasan pelayanan publik seharusnya bisa meningkatkan kinerja lembaga untuk meningkatkan pelayanannya pada masyarakat. Dalam penelitian ini adapun rumusan masalah yang akan di teliti adalah Mengapa kinerja Lembaga Ombudsman dalam pelayanan publik di Provinsi Lampung kurang Optimal, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Ombudsman dan Bagaimanakah kinerja lembaga Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung terhadap pelayanan publik dalam tinjauan Maqa{\ensuremath{>}}s\}id al- ?A{\ensuremath{<}}mmah. Jenis penelitian hukum yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini atau penelitian lapangan (field research), yakni dengan melakukan pengamatan langsung dengan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris. Bahan hukum yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui informasi yang sudah tertulis dalam bentuk dokumen. Sedangan metode analisa yang digunakan adalah deskriptif-analitis. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Kinerja Lembaga Ombudsman dalam pelayanan publik di Provinsi Lampung sudah optimal tetapi tidak 100\%, dikarenakan ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Ombudsman yaitu faktor internal yaitu kurangnya model investigasi yang digunakan dalam melakukan pengawasan pelayanan publik yang selesai dengan mediasi, kasus penyelesaian di salah satu laporan dari masyarakat (RS Abdul Moelek). Adapun faktor eksternal yang mempengaruhi adalah SDM dari asisten Ombudsman yang sedikit yaitu 11 orang. bila dilihat dari kinerja lembaga Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung terhadap pelayanan publik dalam tinjauan Maqasid al ?Ammah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip maqashid ammah, yang mana Ombudsman sudah menjaga 5 keniscayaan yaitu agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan, dan menjaga harta.} }