%0 Thesis
%9 Skripsi
%A FITRI SETYAWATI, NIM 14220030
%B FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA
%D 2018
%F digilib:33840
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%K Peran satgas DBKS, kualitas keberagamaan
%P 146
%T PERAN SATGAS DBKS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEBERAGAMAAN KELUARGA DI KELURAHAN KRICAK KECAMATAN   TEGALREJO YOGYAKARTA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33840/
%X Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwasannya keluarga  yang memiliki kualitas keberagamaan yang baik adalah dambaan bagi setiap  orang dalam membangun mahligai rumah tangga. Sehingga adanya suatu kegiatan  rutin seperti kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh satgas DBKS dapat  meningkatkan kualitas keberagamaan keluarga. Program Desa Binaan Keluarga  Sakinah (DBKS) dicanangkan di bawah Bidang Urusan Agama Islam dan  Pembinaan Syariah, Kementrian Agama. Salah satu kebijakan umum dari Desa  Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) ini adalah upaya penanaman nilai-nilai  keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia yang dilaksanakan melalui pendidikan  agama dalam keluarga, masyarakat dan pendidikan formal. Upaya ini menekankan  kepada aspek penanaman, pengamalan, penghayatan dan pengembangan nilainilai  keimanan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran satgas DBKS dalam  meningkatkan kualitas keberagamaan keluarga di Kelurahan Kricak Kecamatan  Tegalrejo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif  kualitatif dengan subyek satgas Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS), dan tiga  keluarga warga binaan yang ada di Kelurahan Kricak Kecamatan Tegalrejo  Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi,  wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi  waktu. Dan analisis yang digunakan yaitu reduksi data, display/penyajian data,  verifikasi dan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran satgas Desa Binaan Keluarga  Sakinah (DBKS) yang dapat meningkatkan kualitas keberagamaan keluarga di  Kelurahan Kricak Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta meliputi peran menjadi  motivator, fasilitator, komunikator dan dinamisator.
%Z MUHSIN KALIDA, S.AG, M. A.