eprintid: 33873 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/38/73 datestamp: 2019-03-15 07:33:27 lastmod: 2019-03-15 07:33:27 status_changed: 2019-03-15 07:33:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MAYA ULFATUL UMAMI, NIM. 15220001 title: REGULASI DIRI SISWA TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT (STUDI DESKRIPTIF PADA DUA SISWA MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Regulasi Diri, Adversity Quotient, Siswa Tahfidz note: Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., MA. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa tahfidz MA Sunan Pandanaran yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur‟an dan mengikuti khataman Al-Qur‟an tahun 2018. Dua siswa ini memiliki bentuk regulasi diri yang baik sehingga mampu mengatasi berbagai macam kesulitan dalam menghafal Al- Qur‟an dan berhasil menjadi seorang hafidz/hafidzoh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan tentang bentuk regulasi diri siswa tahfidz dalam meningkatkan adversity quotient di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data yang terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Subjek penelitian adalah dua siswa yang sudah menyelesaikan hafalan 30 juz, guru tahfidz, dan guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima bentuk regulasi diri, hanya ada dua bentuk yang dapat meningkatkan adversity quotient, yaitu bentuk identified regulation dan intrinsically motivated behavior sebab kedua bentuk ini dikategorikan sebagai bentuk regulasi diri yang tinggi. date: 2018-11-01 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MAYA ULFATUL UMAMI, NIM. 15220001 (2018) REGULASI DIRI SISWA TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT (STUDI DESKRIPTIF PADA DUA SISWA MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33873/2/14220062_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33873/3/14220062_BAB-II%2C%20III%2C%20IV.pdf