eprintid: 33880 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/38/80 datestamp: 2019-03-15 08:16:23 lastmod: 2019-03-15 08:16:23 status_changed: 2019-03-15 08:16:23 type: book_section metadata_visibility: show creators_name: Nu’man, Mulin title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI TRANSFORMASI BERDASARKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA ispublished: pub subjects: Matematika divisions: x_proc full_text_status: public keywords: bahan ajar geometri transformasi;problem based learning;, dan kemampuan komunikasi matematis abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan bahan ajargeometri transformasi berbasis problem based learning yang berkualitas untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan 2) mengetahui respon mahasiswa terhadap bahan ajargeometri transformasiyang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri atas tiga tahap yaitu: tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap validasi. Tahap pendahuluan meliputi: studi pustaka, analisis kebutuhan dan karakteristik mahasiswa, dan merencanakan bahan ajar. Tahap pengembangan meliputi: menentukan materi, SK, KD, dan indikator, analisis materi, menyusun bahan ajar, dan membuat instrumen penelitian. Tahap validasi meliputi validasi ahli, analisis konseptual, revisi II, uji coba kelompok kecil, dan revisi II. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian bahan ajar dan lembar respon mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar geometri transformasi berbasis problem based learning yang layak untuk menfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. Bahan ajar dikembangkan dengan menggunakan masalah,konsep, teorema, dan latihan soal. Setiap materi diawali dengan masalah yang dikembangkan untuk menfasilitasi kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Bahan ajar ini sudah divalidasi sehingga telah memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar. bahan ajar geometri transformasi tersebut nilai kelayakannya dengan kategori Sangat Baikdengan persentase 90,3% dan respon Positifdari mahasiswa dengan persentase 78,3% dari mahasiswa. Kata Kunci: bahan ajar geometri transformasi;problem based learning;, dan kemampuan komunikasi matematis date: 2015-03-07 date_type: published series: Prosiding volume: - number: - publisher: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA place_of_pub: Surakarta pagerange: 345-354 pages: 17 refereed: TRUE book_title: PROSIDING SEMINAR NASIDNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA citation: Nu’man, Mulin (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI TRANSFORMASI BERDASARKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA. In: PROSIDING SEMINAR NASIDNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. Prosiding, - (-). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA, Surakarta, pp. 345-354. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33880/1/Mulin%20Nu%E2%80%99man%20-%20PENGEMBANGAN%20BAHAN%20AJAR%20GEOMETRI%20TRANSFORMASI%20BERDASARKAN%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20UNTUK%20MEMFASILITASI%20KEMAMPUAN%20KOMUNIKA.pdf