eprintid: 33882 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/38/82 datestamp: 2019-03-15 08:40:55 lastmod: 2019-03-15 08:40:55 status_changed: 2019-03-15 08:40:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ADIB MAHDI FADIL, NIM. 15220067 title: KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS BAGI SISWA SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Konseling Kelompok, Perilaku Membolos note: Drs. Abror Sodik, M. Si. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah besarnya persentase pelanggaran tata tertib sekolah yang sering dilanggar oleh peserta didik di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Keterlembatan yang setiap hari tidak ada penurunan atau ketiadaan anak yang datang tanpa terlambat. Seringnya peserta didik yang tidak masuk tanpa keterangan. Sehingga memperlihatkan masih membutuhkan pemaksimalan peran personel sekolah dalam memperhatikan peserta didik dalam mentaati aturan sekolah khususnya di bagian bimbingan dan konseling sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap-tahap konseling kelompok yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling di SMK Negeri 5 Yogyakarta dalam mengatasi perilaku membolos bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan siswa kelas XI dan XII yang sering melanggar tata tertib sekolah. Metode untuk mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga hal yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan tahap-tahap pelaksanaan konseling kelompok dalam mengatasi perilaku membolos bagi siswa di SMK Negeri 5 Yogyakarta yaitu: pertama, tahap pembentukan kelompok yaitu mengkategorikan peserta berdasarkan permasalahan yang telah diseleksi oleh guru bimbingan dan konseling. Kedua, tahap transisi, yaitu tahap xi mengeksplorasi permasalahan peserta konseling kelompok. Ketiga, tahap kegiatan, yaitu tahap penyelesaian kasus yang sudah di pilih di tahap sebelumnya yang sudah diutarakan di tahap transisi. Keempat, tahap akhir yaitu tahap menutup kegiatan dengan mengakhiri kegiatan konsleing dan berdoa. Kelima, evaluasi yaitu tahap mengevaluasi secara keseluruhan dari proses konseling kelompok yang telah dilakukan. Keenam date: 2018-11-27 date_type: published pages: 135 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ADIB MAHDI FADIL, NIM. 15220067 (2018) KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS BAGI SISWA SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33882/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33882/2/BAB%20II%2C%20III.pdf