TY - CHAP CY - Yogyakarta ID - digilib33883 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33883/ A1 - Nu?man, Mulin N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan geometri siswa Mrs di Y ogyakarta berdasarkan tahap berpikir van Hiele. Klasiflkasi kemampuan geometri didasarkan pada tahap-tahap berpikir menurut van Hiele yaitu tahap visualisasi, tahap analisis, tahap deduksi informal, tahap deduksi formal, dan tahap rigor. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif yang meliputi seleksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan membandingkan ciri-ciri tahap berpikir van Hiele yang dikembangkan Crowley. Hasil penelitiannya adalah kemampuan geometri siswa Mrs di Y ogyakarta dalam berdasar tahap berpikir van Hiele adalah semua siswa mencapai tahap visualisasi, 76,3% siswa mencapai tahap analiasis, dan 61,3% siswa mencapai pada tahap deduksi informal. Kesimpulannya adalah kemampuan geometri siswa MTs masih pada tahap analisis. Kata Kunci: kemampuan geometri, tahap berpikir van Hiele M1 - - TI - KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH BERDASARKAN TABAP BERPIKIR VAN HIELE AV - public EP - 461 Y1 - 2014/09/13/ PB - Universitas Sanata Dharma KW - Mathematics KW - matematika KW - kemampuan geometri KW - tahap berpikir van Hiele T3 - Prosiding SN - 978-602·9187·91-5 SP - 437 T2 - PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA "Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Dalam Pembangunan Nasional" ER -