%0 Thesis %9 Skripsi %A BIMA RIZKY FATKHURROHMAN, NIM. 12210062 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2019 %F digilib:33908 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Komunikasi persuasif, Jomblo Mulia, menjauhi zina %P 77 %T KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENCEGAH ZINA MELALUI TIPOGRAFI PADA AKUN INSTAGRAM JOMBLO MULIA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33908/ %X Suksesnya instagram menjadi salah satu media sosial yang paling disenangi masyarakat membuka peluang bagi kelompok maupun individu untuk mengekspresikan diri. Terlebih bagi kelompok tertentu yang memiliki tujuan dalam setiap pesan yang ingin disampaikan. Baik sosial, ekonomi, pendidikan, agama atau lainnya. Pada akkun instagram @Jomblomulia termasuk akun yang aktif menggunakan instagram sebagai media sosial untuk menyampaikan nilai menjauhi zina pada followersnya. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya antusiasme dari followers dalam menanggapi pesan yang diposting oleh akun instagram jomblo mulia melalui bentuk tipografi. Terlebnih pada akun tersebut terdapat banyak komentar positif dari followersnya. Berangkat dari hal tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang termasuk jenis penelitian analisis isi kritis, dengan analisis semiotika menurut Charles Sander Pierce, penulis membedah komunikasi persuasif yang digunakan pada akun instagram ini. Tipografi pada akun instagram Jomblo Mulia menjadi data utama yang digunakan serta data pendukung yang digunakan adalah data-data yang diperoleh dari media massa yaitu internet yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari akun instagram Jomblo Mulia berbentuk tipogarfi. Dalam penelitian ini menggunakan teori teknik koimunikasi persuasif yang dikutip dari buku Buku Dinamika Komunikasi karya Onong Uchjana Effendy yangmenjadi terori utama dalam pembedahan masalah. Adapaun teknik-teknik tersebut adalah teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan dan teknik red hearing. Peneliti melakukan analisis dengan membedah 25 gambar yang berisi tipografi. Dari analisis yang dilakukan memperhatikan pesan komunikasi dan seni penulisannya atau tipofari untuk mendapatkan hasil analisis. Haasil analisis yang diinginkan oleh penulis adalah mengetahui teknik komunikasi persuasive yang digunakan pada setiap tipografi. Setelah dilakukan analisis dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini yang menunjukkan adanya teknik komunikasi persuasif. Tanda tersebut muncul pada gambar yang digunakan sebagai latar belakang maupun teks yang ada dalam tiografi tersebut. Selanjutnya peneliti melakukan klasifikasi terhadap hasil penelitian yang ada ke dalam 5 teknik komunikasi persuasive yang ada dalam teori. Hasilnya, komunikasi persuasif yang digunakan mencakup semua teknik yang ada pada buku Dinamika Komunikasi karya Onong Uchjana Effendy Penggunaan teknik komunikasi persuasif. Pada instagram ini untuk mempengaruhi followers agar mau memaknai pesan. %Z Nanang Mizwar Hasyim, S.Sos., M.Si