%A NIM. 14210073 Binthaj Fadila
%O Dr. H. Akhmad Rifai, M.Phil
%T STUDI KASUS KOMUNIKASI PERSUASIF MUSLIM WEDDING
ORGANIZER “ORBIT SEMESTA PRODUCTION” YOGYAKARTA
DALAM MENGIRIMKAN PESAN DAKWAH KEPADA KHALAYAK
%X Muslim wedding organizer merupakan terobosan media dakwah baru di
Yogyakarta yang mayoritas penduduknya Muslim tapi tetap majemuk agama dan
budayanya. Minimnya pemahaman masyarakat muslim di Yogyakarta dan
sekitarnya tentang pesta pernikahan yang Islami menjadi motivasi bagi Orbit
Semesta Production (OSPro) untuk berusaha menyiarkan dakwah mengenai pesta
pernikahan Islami. Menjadi muslim wedding organizer pertama di Yogyakarta
menjadi kesempatan dan tantangan bagi OSPro untuk menjaga komitmen sebagai
muslim yang tak hanya menerapkan dakwah dalam bisnis jasa mereka namun juga
dalam keseharian. Untuk itu, dakwah penerapan pesta pernikahan Islami kepada
client dan tamu undangan menjadi tujuan utama OSPro mendirikan muslim
wedding organizer.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus dan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: Observasi,
Wawancara, dan Dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
komunikasi persuasif menurut Woltex, teori respons menurut Mufid, Effendy, dan
Rakhmat, dan teori media dakwah menurut Hamidi dan John Fiske yang
diterapkan dalam penelitian terhadap OSPro Yogyakarta. Analisis data yang
digunakan adalah analisis data model dari Miles dan Huberman.
Dari hasil analisis, didapatkan kesimpulan bahwa pesta pernikahan Islami
meliputi enam aspek: undangan, penampilan pengantin, dekorasi dan hiasan,
hidangan, hiburan dan perayaan, dan adab penyelenggaraan. Komunikasi
persuasif yang yang dilakukan OSPro, dengan mengikuti teori Woltex, terdiri dari
analisis publik, kredibilitas komunikator, daya tarik terhadap kepentingan publik,
kejelasan pesan, waktu dan konteks, partisipasi publik, anjuran untuk bertindak,
isi dan struktur pesan, dan penyampaian yang persuasif. OSPro sebagai media
dakwah dinyatakan cukup efektif dengan hasil analisis menurut pendapat John
Fiske dan Hamidi. Client dan tamu undangan pada umumnya memiliki
pengetahuan yang minim tentang pesta pernikahan Islami namun kebanyakan
mereka menyatakan OSPro sudah menunjukkan nilai-nilai Islami kedalam pesta
pernikahan yang dikelola walaupun mereka memberikan saran peningkatan dalam
dakwahnya.
%K Komunikasi Persuasif, Respons, Muslim Wedding
Organizer, dan Media Dakwah
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib33945