eprintid: 33945 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/39/45 datestamp: 2019-03-20 03:08:51 lastmod: 2019-03-20 03:08:51 status_changed: 2019-03-20 03:08:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Binthaj Fadila, NIM. 14210073 title: STUDI KASUS KOMUNIKASI PERSUASIF MUSLIM WEDDING ORGANIZER “ORBIT SEMESTA PRODUCTION” YOGYAKARTA DALAM MENGIRIMKAN PESAN DAKWAH KEPADA KHALAYAK ispublished: pub subjects: kom_sos divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Komunikasi Persuasif, Respons, Muslim Wedding Organizer, dan Media Dakwah note: Dr. H. Akhmad Rifai, M.Phil abstract: Muslim wedding organizer merupakan terobosan media dakwah baru di Yogyakarta yang mayoritas penduduknya Muslim tapi tetap majemuk agama dan budayanya. Minimnya pemahaman masyarakat muslim di Yogyakarta dan sekitarnya tentang pesta pernikahan yang Islami menjadi motivasi bagi Orbit Semesta Production (OSPro) untuk berusaha menyiarkan dakwah mengenai pesta pernikahan Islami. Menjadi muslim wedding organizer pertama di Yogyakarta menjadi kesempatan dan tantangan bagi OSPro untuk menjaga komitmen sebagai muslim yang tak hanya menerapkan dakwah dalam bisnis jasa mereka namun juga dalam keseharian. Untuk itu, dakwah penerapan pesta pernikahan Islami kepada client dan tamu undangan menjadi tujuan utama OSPro mendirikan muslim wedding organizer. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi persuasif menurut Woltex, teori respons menurut Mufid, Effendy, dan Rakhmat, dan teori media dakwah menurut Hamidi dan John Fiske yang diterapkan dalam penelitian terhadap OSPro Yogyakarta. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model dari Miles dan Huberman. Dari hasil analisis, didapatkan kesimpulan bahwa pesta pernikahan Islami meliputi enam aspek: undangan, penampilan pengantin, dekorasi dan hiasan, hidangan, hiburan dan perayaan, dan adab penyelenggaraan. Komunikasi persuasif yang yang dilakukan OSPro, dengan mengikuti teori Woltex, terdiri dari analisis publik, kredibilitas komunikator, daya tarik terhadap kepentingan publik, kejelasan pesan, waktu dan konteks, partisipasi publik, anjuran untuk bertindak, isi dan struktur pesan, dan penyampaian yang persuasif. OSPro sebagai media dakwah dinyatakan cukup efektif dengan hasil analisis menurut pendapat John Fiske dan Hamidi. Client dan tamu undangan pada umumnya memiliki pengetahuan yang minim tentang pesta pernikahan Islami namun kebanyakan mereka menyatakan OSPro sudah menunjukkan nilai-nilai Islami kedalam pesta pernikahan yang dikelola walaupun mereka memberikan saran peningkatan dalam dakwahnya. date: 2018-11-16 date_type: published pages: 167 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Binthaj Fadila, NIM. 14210073 (2018) STUDI KASUS KOMUNIKASI PERSUASIF MUSLIM WEDDING ORGANIZER “ORBIT SEMESTA PRODUCTION” YOGYAKARTA DALAM MENGIRIMKAN PESAN DAKWAH KEPADA KHALAYAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33945/1/14210073_%20SEBELUM_BAB%20I_SAMPAI_BAB%20IV%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAKA%20LAMPIRAN.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33945/2/14210073_%20BAB%20II%2C%20III.pdf