%0 Thesis %9 Skripsi %A Avis Lisdiana, NIM. 14210060 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2018 %F digilib:33951 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penggunaan Media Baru, Komunikasi Interpersonal, Kampung Cyber %P 147 %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BARU TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL WARGA MASYARAKAT KAMPUNG CYBER YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33951/ %X Telah banyak para pengguna teknologi canggih meng-up date perkembangan informasi dari waktu ke waktu dengan akses mudah. Jaringan teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya sangat pesat, turut melahirkan sebuah media baru. Tentu saja media baru tidak seperti interaksi tatap muka, tetapi memberikan bentuk interaksi baru yang membawa kita kembali pada hubungan pribadi dalam cara yang tidak bisa dilakukan oleh media sebelumnya. Media baru yang diterima dalam kehidupan bermasyarakat serta dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari membuat keberhasilan berdirinya Kampung Cyber. Warga masyarakat Kampung Cyber menerima kehadiran media baru khususnya media baru Facebook dan Whatsapp bahkan menjadi pengguna media tersebut secara aktif hampir 24 jam. Media baru Facebook dan Whatsapp sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi informasi misalnya telah menyebabkan intensitas perjumpaan fisik menjadi menurun drastis, beralih menjadi ”silaturahmi udara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media baru terhadap komunikasi interpersonal warga masyarakat Kampung Cyber Yogyakarta. Penelitian ini pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan juga wawancara.Teknik Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sample dengan sampel sebanyak 60 responden pada warga masyarakat Kampung Cyber Yogyakarta. Dari hasil perhitungan dapat diketahui koefisien korelasi antara variabel penggunaan media baru dengan komunikasi interpersonal bernilai 0,400. Diketahui dengan N = 60 maka diperoleh r tabel 0,254. Serta didapat probabilitas tinggi (sig) sebesar 0,002. Korelasi dikatakan signifikan jika koefisien korelasi lebih besar dari r tabel dan angka probabilitas < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media baru dengan komunikasi interpersonal karena 0,400 > 0,254 dan 0,02 < 0,05. Hasil perhitungan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. %Z Drs. Mokh. Sahlan, M.Si.