eprintid: 33955 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/39/55 datestamp: 2019-03-20 03:57:37 lastmod: 2019-03-20 03:57:37 status_changed: 2019-03-20 03:57:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mohammad Athoillah, NIM. 14210057 title: MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nuonline_id DIKALANGAN SANTRI AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: kom_sos divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Motif, Kepuasan, Media Sosial, Instagram, use and gratification note: Drs. Abdur Rozak, M. Pd abstract: Instagram merupakan sosial media yang banyak digunakan oleh pengguna internet saat ini yaitu menempati posisi ke-7 didunia. Salah satu penggunaan instagram sebagai sosial media yaitu sebagai sarana dakwah dan memeberikan informasi dalam hal keislaman. Salah satu penggunaan instagram sebagai sarana dakwah yaitu akun instagram nuonline_id. Akun nuonline_id merupakan akun instagram yang dikelola oleh tim media nuonline.com yang berdiri dibawah pengurus besaar nahdhatul ulama sebagai salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia dengan tujuan untuk menyebarkan pesan – pesan dakwah melalui media sosial kepada masyarakat secara umumnya dan para anggota NU. Peneliti ingin meneliti apakah akun nuonline_id tersebut dapat memeberikan kepuasan jika dilihat dari beberapa motif dari para santri Al-Munawwir dalam mengaksesnya ? Pendekatan use and gratification melihat khalayak atau pengguna media tersebut aktif dan menentukan informasi apa yang diakses sesuai dengan yang dibutuhkan dan khalayak tersebut dianggap aktif memilih media mana yang dia konsumsi. Gratification sought atau motif dan gratification obtained atau kepuasan merupakan dua variabel yang akan di hitung perbandingan skornya dan dilihat adakah kesenjangannya sehingga dapat mengetahui apakah media tersebut dalam hal ini adalah akun instagram nuonline_id dapat memberikan kepuasan kepada khalayaknya atau tidak. Data yang diperoleh dari responden yaitu followers akun instagram nuonline_id dihitung dengan uji t test menggunakan uji perbedaan dua sampel berpasangan. Hasil dari penelitian ini pada motif informasi menunjukkan adanya ketidak puasan dengan kesenjangan yang sangat kecil. Sedangkan untuk motif indentitas diri, interaksi sosial, dan hiburan menunjukkan kepuasan namun juga dengan kesenjangan yang tergolong kecil. Namun secara umum akun nuonline_id belum bisa memeberikan kepuasan kepada followes dan pengaksesnya dengan kesenjangan antara motif dan kepuasan yang sangat kecil. date: 2018-11-19 date_type: published pages: 132 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mohammad Athoillah, NIM. 14210057 (2018) MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nuonline_id DIKALANGAN SANTRI AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33955/1/14210057_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33955/2/14210057_BAB-II_BAB-IV.pdf