%A NIM. 14240011 Eri Khoerunnisa %O Muh. Toriq Nurmadiansyah S. Ag., MSi %T STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA (Studi Kasus Minimarket Q-Mart) %X Latar belakang penelitian ini adalah respon pondok pesantren terhadap perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut lulusan atau keluaran pondok pesantren bukan hanya mahir dalam bidang agama saja, melainkan mampu bersaing dan memiliki keterampilan dan kemandirian serta memiliki jiwa kewirausahaan sehingga kedepannya memiliki peran dalam mengembangkan perekonomian masyarakat sekitar. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Manager Q-Mart dan Karyawan Q-Mart, sedangkan objek kajiannya adalah strategi pengembangan ekonomi Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta. Posisi Q-Mart ini terletak pada kuadran satu (+,+) yaitu dengan jumlah skor (1,6 ; 1,03). Hal ini menunjukan bahwa situasi Q-Mart terletak pada kondisi yang sangan menguntungkan. Q-Mart memiliki peluang dan kekuatan yang besar sehingga dapat memanfaatkan dan mendayagunakannya di dalam mengembangkan Q-Mart. Adapun rekomendasi strategi dalam mengembangkan Q-Mart adalah (1) membuat baliho yang lebih inovatif dan kreatif (2) membuat even berskala besar (3) membuat member Q-Mart. %K Strategi Pengembangan, Ekonomi Pondok Pesantren %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib33996