TY - THES N1 - Hj. Early Maghfiroh I, S.Ag, M.Si ID - digilib34000 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34000/ A1 - Ahmad Ilham Syaifulloh, NIM. 142400048 Y1 - 2019/01/15/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi munculnya banyak biro perjalanan umrah yang menawarkan paket perjalanan umrah murah, akan tetapi proses pengoperasian atau pelayanan kurang maksimal dan kurang memberikan kepuasan kepada jemaah serta banyak kasus penipuan yang terjadi. Jemaah dikecewakan dengan hal tersebut dan tidak didapati kemabruran dalam pelaksanaan ibadah umrah, sehingga memunculkan pertanyaan bagaimanna proses manajemen operasional di Hasuna Tour Yogyakarta? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen operasional di Hasuna Tour Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan fokus pada operasional biro penyelenggara perjalanan ibadah umrah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Jay Haizer dan Barry Render tentang manajemen operasional dan 10 keputusan strategi manajemen operasional. Sedangkan teknik menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi pengumpulan data. Hasil penelitian ini menujukan bahwa strategi manajemen operasional biro penyelenggara perjalanan ibadah umrah di Hasuna Tour Yogyakarta sudah menggunakan 10 keputusan strategi manajemen operasional kedalam kegiatan operasional perusahaan. Akan tetapi, ada 2 keputusan yang kurang maksimal, yaitu : desain tata letak dan manajemen sumber daya manusia yang belum terencana dengan baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa perbaikan dan pengambilan keputusan baru. Sehingga dapat melancarkan proses kegiatan operasional penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah. Dengan demikian, tercipta kepuasan pelayanan dan kenyamanan dalam melaksanakan perjalanan ibadah umrah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi Manajemen Operasional KW - Hasuna Tour Yogyakarta. M1 - skripsi TI - STRATEGI MANAJEMEN OPERASIONAL HASUNA TOUR YOGYAKARTA AV - restricted EP - 126 ER -