eprintid: 34004 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/40/04 datestamp: 2019-03-21 03:53:00 lastmod: 2019-03-21 03:53:00 status_changed: 2019-03-21 03:53:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muhammad Ikhwanulkirom, NIM. 13710087 title: HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALASAN ispublished: pub subjects: PF divisions: jur_psi full_text_status: restricted keywords: dukungan sosial orangtua, regulasi diri dalam belajar note: Lisnawati, M.Psi., Psikolog abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan regulasi diri dalam belajar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMPN 3 Kalasan yang berjumlah 118 siswa. Dua skala yang digunakan di dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial orangtua dan skala regulasi diri dalam belajar. Teknik pengambilan sample yang digunakan didalam penelitian ini adalah teknik puposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis pearson product moment, menggunakan software SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa dukungan sosial orangtua dengan regulasi diri dalam belajar memiliki nilai r sebesar 0,347 dan nilai p sebesar 0,000 (P < 0,05) dan hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan regulasi diri dalam belajar. Semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi juga regulasi diri dalam belajar. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orangtua maka semakin rendah juga regulasi diri dalam belajar. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Serta sumbangan efektif dukungan sosial orangtua terhadap regulasi diri dalam belajar sebesar 0,120 (12%). date: 2018-09-27 date_type: published pages: 211 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Ikhwanulkirom, NIM. 13710087 (2018) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34004/1/13710087_BAB%20I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34004/2/13710087_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf