<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB)"^^ . "Penelitian ini merupakan kajian tentang tradisi haflah al-Qur’an dalam ritual\r\ntahlilan masyarakat Mertak Tombok. Adanya penyatuan tradisi haflah al-Qur’an\r\nmenjadi bagian dari ritual tahlilan tidak bisa lepas dari dua aspek, yakni adanya\r\nketertarikan masyarakat Mertak Tombok terhadap seni dan upaya tuan guru\r\ndalam mengemas tradisi haflah al-Qur’an dalam bentuk Qasidah (Qur’an, seni dan\r\ndakwah). Fenomena resepsi masyarakat seperti ini menjadi kekhasan tersendiri\r\nbagi masyarakat Mertak Tombok dalam melaksanakan tradisi tahlilan. Atas dasar\r\nitulah penelitian ini dilakukan dengan menspesifikan kajian dengan dua rumusan\r\nmasalah, yakni pertama, Bagaimana bentuk resepsi estetis terhadap al-Qur’an\r\ndalam tradisi tahlilan masyarakat Mertak Tombok?. Kedua, Apa makna resepsi\r\nestetis terhadap al-Qur’an dalam tradisi tahlilan masyarakat Mertak Tombok?\r\nUntuk menjawab rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan pendekatan\r\nfenomenologi agama dan arah penelitian ini lebih bersifat deskriptif-analitik\r\ndengan menggunakan instrumen analisis baik studi kepustakaan maupun dari hasil\r\nobservasi dan wawancara mendalam terhadap informan.\r\nHasil penelitian dari kajian ini adalah Pertama, bahwa prosesi haflah al-\r\nQur’an dalam ritual tahlilan masyarakat Mertak Tombok telah menjadi bagian\r\ndari tradisi masyarakat. Keberadaan tradisi ini telah membuat warna baru dalam\r\nkehidupan bermasyarakat yang lebih baik dengan tetap menjunjung asas\r\nkebersamaan atau gotong royong dalam semua aspek ritual sosial keagamaan.\r\nAdanya perubahan tersebut tentu tidak lepas seluruh rangkaian tradisi haflah al-\r\nQur’an dalam ritual tahlilan terutama pada aspek interaksi para qari dengan al-\r\nQur’an yang melahirkan makna ‘baru’ bagi qari yang kemudian diaplikasikan\r\ndalam kehidupan sehari-hari baik oleh sang qari maupun masyarakat. Adapun\r\nmakna baru yang diperoleh bagi qari berdasarkan ayat al-Qur’an yang dibaca,\r\nyakni QS. 67: 1-5 memuat tentang doa agar si mayat diterima segala amal\r\nibadahnya dan bagi yang masih hidup agar senantiasa berlomba-lomba untuk\r\nmelakukan kebaikan sebelum ajal datang. QS. 2: 153-157 mengandung tentang\r\nmemperbaiki salat agar kita lebih siap menghadapi berbagai macam cobaan hidup.\r\nQS. 17: 23-27 mengandung ajaran agar tidak bermegah-megahan atau boros\r\ndalam seluruh aspek kehidupan terutama pada saat pelaksanaan tahlilan. QS. 6:\r\n160-163 memuat pesan agar senantiasa melakukan kebaikan, karena setiap\r\nkebaikan yang dilakukan akan dibalas sepuluh kali lipat. Begitu juga ketika al-\r\nQur’an dibacakan kepada orang yang sudah meninggal dunia.\r\nKedua, adapun makna di balik pelaksanaan tradisi ini ada tiga macam\r\nberdasarkan teori Sosiologi Pengetahuan karya Karl Manheim, yakni makna\r\nobjektif bahwa tradisi ini harus dijaga dan dilestarikan agar tetap hidup dalam\r\nmasyarakat. Sedangkan makna ekspresif yakni sebagai ajang berlatih, syiar Islam,\r\nmenjalankan tradisi dan menambah wawasan keagamaan. selanjutnya makna\r\ndokumenternya adalah bahwa penggunaan haflah al-Qur’an sebagai medium\r\npermohonan keselamatan bagi keluarga yang telah meninggal dunia maupun yang\r\nmasih hidup tidak bisa lepas dari ketertarikan masyarakat Mertak Tombok dalam\r\nsemua bidang seni keagamaan termasuk seni tilawah al-Qur’an. Dengan begitu,\r\ntujuan akhir dari tradisi ini adalah membentuk masyarakat masyarakat Qur’ani."^^ . "2018-11-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1620010001"^^ . "SUDARIYAH, STHI"^^ . "NIM. 1620010001 SUDARIYAH, STHI"^^ . . . . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB) (Text)"^^ . . . . . "1620010001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB) (Text)"^^ . . . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB) (Other)"^^ . . . . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB) (Other)"^^ . . . . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB) (Other)"^^ . . . . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB) (Other)"^^ . . . . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK\r\n\r\n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #34048 \n\nRESEPSI ESTETIS TERHADAP AL-QUR’AN DALAM TRADISI TAHLILAN MASYARAKAT LOMBOK \n \n(STUDI KASUS DI DESA MERTAK TOMBOK, PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB)\n\n" . "text/html" . . . "Komunikasi Islam"@en . .