%A NIM. 14600022 Wahyu Damar Jati %O Nurul Arfinanti, M.Pd. %T PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA “SENJA BILBUL (SENANG BELAJAR BILANGAN BULAT)” BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENERAPAN EDUPRENEURSHIP %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi game edukasi matematika Senja Bilbul (Senang Belajar Bilangan Bulat) sebagai penerapan edupreneurship. Aplikasi game edukasi matematika yang dihasilkan merupakan kolaborasi antara materi operasi hitung pada bilangan bulat negatif dan game yang ditujukan kepada user yang merupakan peserta didik kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan 4D (Four D). Tahapan pengembangan metode 4D dimulai dari tahap define (Pendefinisian), design (Perancangan), development (Pengembangan), hingga tahap disseminate (Penyebaran). Ketercapaian kualitas pada aplikasi game edukasi matematika Senja Bilbul dilihat berdasar pengujian sehingga dapat dinyatakan valid berdasar penilaian ahli dan dinyatakan praktis berdasar penilaian user. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi matematika Senja Bilbul berbasis android yang dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Berdasar hasil pengujian oleh ahli materi, aplikasi ini termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 93%. Berdasar hasil pengujian oleh ahli media, aplikasi ini termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 85%. Berdasar hasil pengujian oleh ahli edupreneurship, aplikasi ini termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 86%. Aplikasi ini dapat dikatakan valid berdasar penilaian ahli. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa aplikasi game edukasi matematika Senja Bilbul layak digunakan sebagai aplikasi game edukasi matematika. Selain itu, aplikasi game edukasi matematika Senja Bilbul sudah menerapkan edupreneurship. Berdasar penilaian dan respon dari 10 user, aplikasi ini dinyatakan sangat setuju dalam hal kepraktisannya dengan persentase 86,25%. Kata Kunci : game edukasi, bilangan bulat, edupreneurship %K game edukasi, bilangan bulat, edupreneurship %D 2018 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib34069