<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA"^^ . "Salah satu persoalan kontemporer yang banyak menyita perhatian para\r\nsarjana Muslim adalah masalah kebebasan beragama dan pindah agama\r\n(konversi). Hal ini berkaitan dengan ketentuan hukuman mati bagi orang murtad\r\nyang secara khusus diatur dalam hukum Islam (fikih). Mayoritas ulama fikih\r\nsepakat untuk menerapkan hukuman mati bagi orang murtad. Sementara beberapa\r\nulama lain tidak sepakat dengan ketentuan tersebut. Perdebatan ini pada\r\ngilirannya mempengaruhi pemikir-pemikir maqâṣidî. Mereka merespon isu\r\nkebebasan beragama dan pindah agama yang telah diakui secara internasional\r\noleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam Deklarasi Universal Hak Asasi\r\nManusia (DUHAM) 1948 menggunakan perspektif maqâṣidî—sebagai sebuah\r\nkeilmuan baru yang sedang marak diperbincangkan. Oleh karena itu, beberapa\r\npertanyaan yang dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana nalar maqâṣidî\r\nmengelaborasi konsep ḥifẓ ad-dîn (memelihara agama) dan al-ḥurriyah\r\n(kebebasan) untuk merespon kebebasan beragama? Bagaimana nalar maqâṣidî\r\nmendialogkan konsep ḥifẓ ad-dîn untuk merespon pindah agama ketika\r\ndihadapkan dengan konsep hukuman mati bagi orang murtad?\r\nPenelitian ini menggali data kepustakaan dari literatur-literatur maqâṣidî,\r\nbaik klasik maupun kontemporer. Penelitian ini memiliki fokus pada bagaimana\r\nnalar maqâṣidî mengelaborasi konsep ḥifẓ ad-dîn dan al-ḥurriyah untuk merespon\r\nkebebasan beragama dan bagaimana nalar maqâṣidî mendialogkan konsep ḥifẓ addîn\r\nuntuk merespon pindah agama ketika dihadapkan dengan ketentuan hukuman\r\nmati bagi orang murtad. Dalam hal ini, penyusun mengetengahkan teori ḥifẓ addîn\r\nperspektif klasik dan teori ḥifẓ ad-dîn perspektif kontemporer. Selain itu,\r\npenyusun juga menggunakan teori qirâ’ah târîkhiyyah-‘ilmiyyah-maqâṣidiyyah\r\n(cara baca kontekstual) Amin Abdullah untuk menganalisis dalil yang mereka\r\ngunakan.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa para sarjana maqâṣidî\r\nkontemporer mengembangkan konsep ḥifẓ ad-dîn dari sekedar melaksanakan\r\najaran-ajaran Islam dan menghindarkan diri dari larangan-larangannya, seperti\r\nsyirik dan murtad ke perlindungan terhadap kebebasan beragama sebagai bagian\r\ndari memelihara agama (ḥifẓ ad-dîn). Beberapa sarjana maqâṣidî lain\r\nmenggunakan konsep al-ḥurriyah sebagai bagian dari maqâṣid asy-syarî’ah\r\ndalam merespon masalah kebebasan beragama. Namun demikian, menurut nalar\r\nmaqâṣidî tradisional, kebebasan beragama ini tidak berimplikasi terhadap\r\nkebebasan pindah agama (murtad). Kemurtadan merupakan perbuatan yang akan\r\nmencegah terwujudnya kemaslahatana agama. Sehingga ia dilarang dan diancam\r\ndengan hukuman mati bagi setiap Muslim yang melakukannya. Sementara\r\nmenurut nalar maqâṣidî progresif, konsep ḥifẓ ad-dîn perspektif klasik harus\r\ndikembangkan ke konsep ḥifẓ ad-dîn kontemporer. Mengingat murtad merupakan\r\nkonsep klasik yang memiliki nuansa sosial dan politik berbeda dengan nuansa\r\nsosial dan politik masyarakat sekarang. Oleh karena itu, pengembangan konsep\r\nḥifẓ ad-dîn klasik yang menekankan hukuman mati bagi orang murtad menjadi\r\nperlindungan terhadap kebebasan beragama dan pindah agama dalam perspektif\r\nḥifẓ ad-dîn kontemporer."^^ . "2018-11-22" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1620010048"^^ . "Nasrullah Ainul Yaqin, S.H.I."^^ . "NIM. 1620010048 Nasrullah Ainul Yaqin, S.H.I."^^ . . . . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA (Text)"^^ . . . . . "1620010048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA (Text)"^^ . . . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA (Other)"^^ . . . . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA (Other)"^^ . . . . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA (Other)"^^ . . . . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA (Other)"^^ . . . . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "DISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ:\r\n\r\nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #34074 \n\nDISKURSUS KEBEBASAN BERAGAMA DALAM NALAR MAQÂṢIDÎ: \n \nSTUDI KASUS ATAS PERPINDAHAN AGAMA\n\n" . "text/html" . . . "Studi Islam" . .