eprintid: 3410 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/34/10 datestamp: 2012-08-15 12:09:24 lastmod: 2016-12-14 07:49:45 status_changed: 2012-05-04 16:44:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURMA AMINDITA - NIM. 04430990, title: UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE MAKE A MATCH, METAFORA, DAN RANGKUMAN SISWA MTS ALI MAKSUM ispublished: pub subjects: Matematika divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran remedial, make a macth, metafora, rangkuman, motivasi, prestasi belajar note: Cth. Pembimbing : Drs. Sugiyono, M.Pd Mohammad Mukhlisin, S.Pd.I abstract: Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII C MTs Ali Maksum yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah untuk kompetensi dasar 4.6 menentukan sifat-sifat garis lurus dan 4.7 menentukan persamaan dan koordinat titik potong dua garis. Kriteria Ketuntasan Minimal Ali Maksum yaitu 6,00. Proses pembelajaran dilakukan di luar jam belajar sekolah (pada sore hari) dengan menggunakan metode make a match, metafora, dan rangkuman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah MTs Ali Maksum Bantul sebanyak 24 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran remedial matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil angket motivasi, hasil evaluasi siswa, hasil observasi siswa, dan catatan lapangan, dengan data penunjang berupa hasil wawancara dan dokumentasi. Pembelajaran remedial dengan menggunakan metode make a match, metafora, dan rangkuman dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Prosedur pelaksanaannya yaitu guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil, siswa membuat rangkuman individu kemudian mendiskusikan bersama teman satu kelompok. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan membahasnya dengan teman satu kelas. Untuk memotivasi siswa, guru memaparkan cerita/video yang bertema tentang motivasi dan memberikan penghargaan kepada kelompok yang paling bagus. Guru membagi kartu soal kepada setiap siswa kemudian siswa mengerjakannya dan mencocokkan jawaban dengan kartu jawab yang sudah disediakan. Motivasi siswa mengalami peningkatan dengan adanya penggunaan video durasi pendek sebagai media memotivasi siswa dan pemberian reward pada setiap akhir pertemuan. Peningkatan motivasi ini ditunjukkan dari adanya peningkatan persentase aspek motivasi. Pada siklus I rata-rata persentase aspek motivasi sebesar 64,18% sedangkan siklus II sebesar 67,15%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah. Pada siklus I baru 62,5% siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal sekolah sehingga indikator keberhasilan (75% siswa tuntas belajar) belum terpenuhi. Pada siklus II terdapat 79,17% sehingga indikator keberhasilan telah terpenuhi. date: 2010-01-21 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-01-21 09:42:37 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurmaamind-3200-1-nurmaam-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/64/digilib-uinsuka--nurmaamind-3200-1-nurmaam-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3616 ; nama file lama : NURMA AMINDITA 04430990 UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMÁTIKA MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE MAKE A MATCH, METAFORA, DAN RANGKUMAN SISWA MTS ALI MAKSUM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1771346 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NURMA AMINDITA - NIM. 04430990, (2010) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE MAKE A MATCH, METAFORA, DAN RANGKUMAN SISWA MTS ALI MAKSUM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3410/1/BAB%20I%2C%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3410/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf