TY - UNPB N1 - Cth. Pembimbing : Murtono, M. Si ID - digilib3412 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3412/ A1 - RAHMAWATI - NIM. 04461114, Y1 - 2010/01/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kinerja siswa dalam materi listrik dinamis dengan menggunakan pengorganisasian pokok bahasan kelistrikan dengan model spiral dan terintegrasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IXb MTs N Manyaran Wonogiri yang berjumlah 34 siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Classrrom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam penelitian ini tindakan mengikuti siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi sebagai perencanaan siklus berikutnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, angket, tes (pre test dan post test). Teknik analisa data untuk ranah kognitif dengan menskor soal-soal pre test-post test, untuk ranah psikomotor dengan menskor angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pengorganisasian pokok bahasan kelistrikan dengan model spiral dan terintegrasi dapat meningkatkan kinerja siswa di MTs N Manyaran Wonogiri. Hal ini diidentifikasi baik dari keberhasilan proses maupun produk. Keberhasilan proses terlihat dari aktivitas siswa yang semakin meningkat dari siklus I hingga siklus III, pada siklus I aktivitas siswa sebesar 32,98%, siklus II 60,92%, siklus III 82,14%. Keberhasilan produk juga terlihat dari peningkatan skor pre test-post test dari siklus I hingga siklus III, pada siklus I sebesar 80,47%, siklus II 82,35%, siklus III 84,89%, dan dari hasil angket sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan, sebelum diberi tindakan sebesar 72,25% dan setelah diberi tindakan sebesar 86,56%. KW - Spiral KW - Terintegrasi KW - Kinerja. M1 - skripsi TI - PENGORGANISASIAN POKOK BAHASAN KELISTRIKAN DENGAN MODEL SPIRAL DAN TERINTEGRASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA SISWA MTsN MANYARAN WONOGIRI AV - none ER -