@phdthesis{digilib34127, month = {September}, title = {Kitab durus al lughah al 'arabiyyah li ghayr natiqin biha li duktur F. Abdurrahman al Juz' (dirasah tahliliyyah madiyah)}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 14420047 Ahmad Misbah Ardiyansyah}, year = {2018}, note = {Dr. Muhajir, S.Pd. I, MSI}, keywords = {Kitab durus al lughah al 'arabiyyah, ghayr natiqin}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34127/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku tersebut sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa arab ditinjau dari teori-teori penyusunan buku ajar dan dari prespektif pandang seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi. Penelitian yang peneliti pakai adalah penelitian literatur atau library research. Sementara itu dalam menganalisis data, peneliti menggunakan content analysis. Penelitian ini menunjukkan bahwa buku tersebut telah memenuhi kriteria buku ajar yang baik dari segi materi menurut Mansul Muslich, yakni telah sesuai dengan landasan keilmuan meliputi keakuratab materi, cakupan materi dan pendukung materi. Sedangkan menurut Ali Al-Qasimy, buku ini hanya sesuai dalam materi dasar sedangkan dalam materi pendukung dan materi khusus tidak memenuhi kriteria. Sedangkan menurut Abdurrahman bin Ibrahim Al-Fauzan sesuai dengan syarat-syarat dan prinsip-prinsip dasar mengajar bahasa Arab ke penutur non Arab yang dikemukakannya. Buku ini telah memenuhi seleksi yang baik, karena penyusunan materi sesuai dengan tujuan, tingkat kemahiran peserta didik, dan lamanya suatu program pembelajaran bahasa arab. Gradasi juga baik, karena penyajian materi lebih mendahulukan kaidah-kaidah sederhana dan lebih berguna daripada kaidah-kaidah yang kompleks. Presentai baik, dengan pemanfaatan media yang ada, diantaranya dengan table dan media visual yang memudahkan peserta didik memehami pelajaran, akan tetapi buku ini kurang berwarna sehingga pada materi pengenalan warna seharusnya bisa langsung menggunakan contoh warna, Dan juga didalam bahasa pengantar mengundakan bahasa Arab secara langsung, sehingga membutuhkan pengajar yang menguasai bahasa Arab dan kreatif. Dan repetisi menunjukan kurang baik karena 57,1\% dari kosakata yang termuat dalam buku tersebut mengalami repetisi 4 kali kebawah, dan itu lebih dari setengah kosakata dalam buku tersebut.} }