%A NIM. 14420056 Etika Riani Tsani %O Dr. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag. %T EVALUASI MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH DALAM BUKU AJAR DURŪS AL-LUGAH AL-‘ARABIYYAH BUKU SISWA BAHASA ARAB PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 KELAS X MADRASAH ALIYAH %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis evaluasi, teknik evaluasi, dan kualitas instrumen evaluasi mahārah al-qirā′ah dalam buku ajar Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian buku teks Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah. Sementara itu dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis evaluasi mahārah al-qirā′ah dalam buku ajar Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah merupakan jenis evaluasi formatif dan diagnostik. Teknik evaluasi mahārah al-qirā′ah dalam buku ini meliputi teknik tes dan teknik non tes. Kualitas instrumen evaluasi mahārah al-qirā′ah dalam buku ini dilihat dari segi materi terdapat butir soal pilihan ganda dan uraian yang tidak sesuai indikator. Dari segi konstruksi, terdapat beberapa komponen telaah butir yang tidak terpenuhi pada butir soal benar-salah, isian atau jawaban singkat dan pilihan ganda. Adapun dari segi bahasa, secara keseluruhan kualitas instrumen sudah baik. Kata kunci: Evaluasi, Mahārah Al-Qirā′Ah, Buku Ajar %K Evaluasi, Mahārah Al-Qirā′Ah, Buku Ajar %D 2018 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib34130