%0 Thesis %9 Skripsi %A Lisa Nurul Fadhilah, NIM. 14420076 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2018 %F digilib:34145 %I UIN Sunan Kalijaga %K embelajaran Bahasa Arab, Kurikulum, Pengembangan, Pribadi Muslim. %P 151 %T PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM PENGEMBANGAN PRIBADI MUSLIM DI SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018-2019 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34145/ %X Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab dengan kurikulum pengembangan pribadi muslim dalam perencanaan, proses, dan evaluasi di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan mengambil objek penelitian di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif yang berarti mendeskripsikan data yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan kurikulum pengembangan pribadi muslim belum terlaksana dalam penyunan perencanaan pembelajaran bahasa Arab oleh guru mata pelajaran bahasa Arab, Penyusunan RPP dan Silabus guru mata pelajaran bahasa Arab belum mencantumkan ayat al-Qur'an yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Akan tetapi dalam proses pembelajarannya guru menyampaikan ayat al-qur'an sebagai muatan dari kurikulum pengembangan pribadi muslim. Metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab sudah tepat dan sesuai dalam menyampaikan materi pembelajaran bahasa Arab dengan memasukkan muatan kurikulum pengembangan pribadi muslim. Hasil belajar bahasa Arab peserta didik cukup baik dan diatas rata-rata. Terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dari kurikulum pengembangan pribadi muslim dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Salah satu kekurangannya adalah dalam perencanaan yang disusun oleh guru belum mencantumkan ayat al-qur'an yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Adapun kelebihan kurikulum ini adalah guru bahasa Arab menyampaikan ayat al-Qur'an yang berkaitan dengan materi pembelajaran bahasa Arab meskipun tidak tercantum di dalam perencanaan yang disusun oleh guru mata pelajaran bahasa Arab, sehingga menambah pemahaman peserta didik tentang materi pembelajaran bahasa Arab dan dapat mengetahui penggunaan bahasa Arab dalam ayat al-Qur'an yang berkaitan. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum, Pengembangan, Pribadi Muslim. %Z Dr. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag.