eprintid: 34147 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/41/47 datestamp: 2019-03-26 03:21:08 lastmod: 2019-03-26 03:21:08 status_changed: 2019-03-26 03:21:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AZIZATUN NISA, NIM: 14420087 title: PENGARUH TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kecemasan Siswa, Prestasi Belajar Bahasa Arab note: Drs. Dudung Hamdun, M.Si abstract: Azizatun Nisa, Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa dalam Belajar Bahasa Arab terhadap Prestasi Bahasa Arab Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa dalam belajar bahasa Arab, prestasi bahasa Arab siswa dan pengaruh tingkat kecemasan siswa dalam belajar bahasa Arab terhadap prestasi bahasa Arab siswa kelas X di Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik random sampling dan mengambil sampel dari 46 peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear untuk menguji hipotesis pengaruh kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecemasan siswa kelas X MA Mu’allimaat menunjukkan 9% mempunyai tingkat kecemasan yang sangat tinggi, 54% mempunyai tingkat kecemasan yang tinggi, 30% mempunyai tingkat kecemasan yang sedang, 7% mempunyai tingkat kecemasan yang rendah. 2) Prestasi Bahasa Arab siswa kelas X MA Mu’allimaat menunjukkan 2% mempunyai prestasi yang sangat memuaskan, 7% mempunyai prestasi yang memuaskan, 28% mempunyai prestasi yang cukup memuaskan, 24% mempunyai prestasi yang kurang memuaskan, dan 39% mempunyai prestasi yang tidak memuaskan. 3) Terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara tingkat kecemasan siswa dalam belajar bahasa Arab dengan prestasi bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018, setelah dihitung menggunakan analisis regresi linear dibuktikan nilai koefisien arah regresi sebesar -0,388 dan menguji hipotesis dengan melihat t hitung lebih besar dari t tabel (thitung > ttabel) = -8,245 > 2,015 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Karena t hitung bernilai negatif artinya ada pengaruh negatif yang nyata (signifikan) antara Tingkat Kecemasan Siswa (X) terhadap Prestasi Bahasa Arab (Y). Pengaruhnya sebesar 60,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata kunci: Kecemasan Siswa, Prestasi Belajar Bahasa Arab date: 2018-10-15 date_type: published pages: 150 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AZIZATUN NISA, NIM: 14420087 (2018) PENGARUH TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34147/1/14420087_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34147/2/14420087_BAB%20II_S.D._BAB_TERAKHIR.pdf