%0 Thesis %9 Skripsi %A HAMIDAH, NIM. 14670021 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2018 %F digilib:34157 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengembangan, Chemo-Entrepreneurship, Ikatan Kimia. %P 185 %T PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA/MA KELAS X %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34157/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan buku siswa berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada materi ikatan kimia SMA/MA kelas X, 2) Menganalisis kualitas buku siswa berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada materi ikatan kimia SMA/MA kelas X berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan guru kimia SMA/MA, 3) Menganalisis respon siswa terhadap buku siswa berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada materi ikatan kimia SMA/MA kelas X. Model yang digunakan dalam proses pengembangan produk adalah mengadaptasi model 4D (Define, Design, Develeopment, dan Disseminate). Produk buku siswa ini divalidasi oleh dosen pembimbing, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, serta tiga peer review. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, empat reviewer (guru kimia) dan direspon sepuluh siswa SMA/MA. Instrumen yang digunakan adalah instrumen kualitas produk berupa skala Likert yang terdiri dari enam aspek yaitu kelayakan materi/isi, kelayakan bahasa, penyajian, kegrafikaan, karakteristik buku siswa, dan pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) sedangkan instrumen untuk respon siswa berupa lembar angket skala guttman yang terdiri dari lima aspek yaitu materi, bahasa, penyajian, Chemo-Entrepreneurship (CEP), dan kegrafikaan. Buku siswa yang dikembangkan yaitu terdapat tugas kewirusahaan sepeti pembuatan media L-Bond, lampu lava, dan lilin aromaterapi yang diharapkan akan menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa. Penilaian kualitas buku siswa oleh dosen ahli materi medapatkan persentase 78% dengan kategori Baik (B). Penilaian kualitas dari dosen ahli media mendapatkan persentase 84,40% dengan kategori Sangat Baik (SB). Menurut penilaian 4 reviewer (guru kimia) mendapatkan persentase 86,32% dengan kategori Sangat Baik (SB). Adapun menurut respon sepuluh siswa terhadap buku siswa ini mendapatkan persentase 96% %Z Agus Kamaludin, M.Pd.,