eprintid: 34160 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/41/60 datestamp: 2019-03-26 04:34:52 lastmod: 2019-03-26 04:34:52 status_changed: 2019-03-26 04:34:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SEPTIANA HANIF TRI ARMANANTI, NIM. 14670037 title: PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEMATIK “EDUKLOK CHEMISTRY” BERBASIS KEARIFAN LOKAL INDONESIA SKRIPSI ispublished: pub subjects: KC divisions: jur_kim full_text_status: restricted keywords: eduklok chemistry, kearifan lokal, sharing knowledge, game edukasi note: Karmanto, M.Sc., abstract: Ilmu Pengetahuan berkembang seiring berkembangnya sejarah manusia. Dalam perkembangannya, ilmu pengetahuan dikekalkan dan diwariskan dari generasi ke generasi dalam bentuk budaya, seni, ketrampilan kuliner, tradisi pengobatan dan lain sebagainya. Pada masa lalu, penyebaran ilmu pengetahuan masih sangat eksklusif hanya pada kalangan pendeta dan bangsawan, keraton, dan golongan terpelajar sehingga aksesibilitas masyarakat umum terhadap ilmu pengetahuan sangat terbatas. Adanya gap budaya/cultural gap antar generasi memungkinkan musnahnya warisan pengetahuan dari generasi terdahulu. Diperlukan sebuah media yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mendesiminasikan warisan pengetahuan dan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media berbagi pengetahuan (sharing knowledge) dalam bentuk game edukasi yang memuat konten kearifan lokal seni budaya, kuliner dan kesehatan dikemas dalam permainan ular tangga. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kualitas dan menganalisis persepsi pengguna terhadap produk game “Eduklok Chemistry” yang dikembangkan. Pengembangan game edukasi tematik “Eduklok Chemistry” berbasis kearifan lokal Indonesia dikembangkan dengan mengadaptasi model ADDIE yang meliputi tahapan analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development). Kualitas produk yang dikembangkan diuji dengan metode expert judgement menggunakan instrumen penilaian ahli untuk mendapatkan skor kualitas. Kajian persepsi pengguna terhadap produk dilakukan dengan metode analisis respon pengguna untuk mengkaji persepsi pengguna berupa data persepsi pengguna. Telah dikembangkan game edukasi tematik berbasis kearifan lokal Indonesia bernama “Eduklok Chemistry” sebagai media berbagi pengetahuan atau sharing knowledge kearifan lokal seni budaya, kesehatan dan kuliner dalam perspektif ilmu kimia. Berdasarkan hasil uji kulitas oleh ahli materi bahwa produk yang dikembangkan masuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 100%. Hasil uji kualitas oleh ahli media terhadap produk yang dikembangkan masuk dalam kategori Baik (B) dengan persentase keidealan 76,92%. Sedangkan, hasil kajian persepsi pengguna menunjukan bahwa sebagian besar pengguna merespon Sangat Baik (SB) game edukasi “Eduklok Chemistry” dengan skor rata-rata 106,53. date: 2018-11-14 date_type: published pages: 269 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SEPTIANA HANIF TRI ARMANANTI, NIM. 14670037 (2018) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEMATIK “EDUKLOK CHEMISTRY” BERBASIS KEARIFAN LOKAL INDONESIA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34160/1/14670037_BAB-I_IV-atau-BAB%20V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34160/2/14670037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf