@phdthesis{digilib34192, month = {November}, title = {PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF ?CHEMISTRY FOR KIDS? SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BAHAN KIMIA UNTUK ANAK-ANAK}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14670046 Dewi Fittriya}, year = {2018}, note = {Karmanto, M.Sc.,}, keywords = {pengembangan, buku interaktif, pengenalan bahan kimia, joyfull learning}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34192/}, abstract = {Anggapan masyarakat secara umum mengenai bahan kimia cenderung ke arah negatif yang menjadi penyebab timbulnya chemophobia (kecemasan terhadap kimia) di masyarakat. Pengenalan bahan kimia terhadap anak-anak dirasa sangat penting. Guna mengenalkan hal tersebut, maka dibutuhkan media pengenalan bahan kimia untuk anak-anak berupa buku interaktif sehingga peserta didik tidak merasa cemas terhadap bahan kimia juga dapat memicu peserta didik untuk mempelajari kimia lebih lanjut. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan buku interaktif Chemistry for Kids sebagai media pengenalan bahan kimia di lingkungan rumah untuk anak-anak, menguji kualitas buku interaktif Chemistry for Kids dan menganalisis respon pengguna terhadap buku interaktif Chemistry for Kids sebagai media pengenalan bahan kimia untuk anak-anak. Buku interaktif Chemistry for Kids dikembangkan dengan mengadaptasi model 4D, dengan tahapan define, design, dan development. Uji kualitas buku interaktif Chemistry for Kids dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli pedagogik (guru) menggunakan metode expert judgement dan instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian kualitas ahli, sehingga menghasilkan data penilaian kualitas yang dianalisis dengan mengubah data kualitatif (huruf) menjadi data kuantitatif (skor). Sedangkan analisis respon pengguna dilakukan oleh siswa SD/MI dengan metode yang dilakukan yaitu angket menggunakan instrumen lembar respon sehingga menghasilkan data respon yang dianalisis dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif. Hasil pengembangan berupa buku interaktif Chemistry for Kids sebagai pengenalan bahan kimia untuk anak-anak memiliki penilaian kualitas kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan ahli materi sebesar 100\% dan ahli media diperoleh skor total 164 dari skor maksimal 165, dihasilkan rata-rata skor 10,93 dalam rentang x{\ensuremath{>}} 8,8 dan persentase keidealan sebesar 99,3\% dan skor total dari guru SD/MI 164 dari skor maksimal 180, dihasilkan rata-rata skor 54,67 dalam rentang x{\ensuremath{>}}50,4 sehingga dihasilkan persentase keidealan sebesar 91\% . Selain itu, berdasarkan analisis respon pengguna (siswa SD/MI ) mendapat respon Sangat Baik (SB) dengan skor total 866 dari skor maksimal 960, dihasilkan rata-rata skor 54,125 dalam rentang x{\ensuremath{>}}50,4 dengan persentase keidealan 90\%.} }