TY - THES N1 - Drs. Moch. Fuad, M. Pd., ID - digilib34275 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34275/ A1 - M RIFQI ZULFIKAR AL ANSORI, NIM. 13410165 Y1 - 2018/11/23/ N2 - Latar Belakang dalam penelitian ini adalah bahwa idealnya anak yang memiliki prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak yang bagus ia juga memiliki sikap sosial yang bagus pula. Sikap sosial siswa kerap dipengaruhi oleh faktor lingkungan baik itu keluarga maupun teman sehingga guru di madrasah harus senantiasa memberikan bimbingan dan pengawasan kepadanya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan sikap sosial siswa, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana hasil prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari Piyungan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, bagaimana sikap sosial siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari Piyungan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, bagaimana hubungan antara hasil prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan sikap sosial siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari Piyungan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan sikap sosial siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari Piyungan Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Untuk sampel ditentukan 10 orang siswa per kelas secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi validitas dan realibilitas. Analisis menunjukan dari 30 butir soal angket terdapat 28 butir terbukti valid, sedang hasil analisis realiabilitas menunjukan koefisien sebesar 926 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Hasil prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari Piyungan Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang dalam penilaiannya memuat penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 82,86 dari 60 siswa. (2) Sikap sosial siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari Piyungan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam kategori baik dengan rata-rata 6,04. (3) Hasil Perhitungan korelasi menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows dengan hasil 0,93 yang menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara prestasi mata pelajaran Akidah Akhlak dengan sikap sosial siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari Piyungan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Studi Korelasi KW - Hasil Prestasi Belajar KW - Sikap Sosial M1 - skripsi TI - STUDI KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH HASYIM ASYARI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted EP - 118 ER -