relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34276/ title: STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI MAN 2 BANTUL creator: AMANAH SEPTIANI RISQI NUR RH P, NIM.14410022 subject: Pendidikan Agama Islam description: Latar belakang penelitian ini adalah pemanfaatan segala sumber informasi yang dapat menunjang prosesnya pengembangan bahan ajar. Guru sebaiknya melakukan pengembangan bahan ajar yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Kondisi peserta didik meliputi kondisi suasana kelas, jam berlangsung proses pembelajaran dan minat bakat peserta didik. Seyogyanya perlu diselaraskan sehingga peserta didik dapat berpikir jauh dan kritis. Selain itu, sebagai guru juga harus peka terhadap informasi terkini yang sedang berkembang. Bahan ajar adalah kunci pembelajaran. Apabila di kembangkan dengan baik maka informasi yang berkembang menjadi luas. MAN 2 Bantul merupakan madrasah aliyah negeri yang memiliki status akreditasi A. Sarana dan prasarana sudah menunjang disebabkan setiap kelas telah diberikan fasilitas yang memadai dan cukup. Sehingga pembelajaran dalam kelas tidak hanya terfokus pada bahan cetak saja melainkan juga bahan non-cetak. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 yang memiliki titik fokus yaitu peserta didik harus aktif. Manfaat pengembangan bahan ajar adalah untuk memudahkan guru dan memudahkan peserta didik memahami sehingga informasi tidak hanya berupa tekstual melainkan mampu diberikan berupa kontekstual yang diartikan sebagai pembelajaran yang dikaitkan dengan peristiwa fakta saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan tempat penelitian MAN 2 Bantul. Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Stratagi guru akidah akhlak dalam pengembangan bahan ajar di MAN 2 Bantul adalah dengan menggunakan strategi adaptasi, adopsi dan menulis bahan ajar. (2) Penerapan bahan ajar di MAN 2 Bantul adalah dikemas menyesuaikan dengan kondisi peserta didik dalam tahap ini telah dibagi menjadi tiga kategori yaitu kategori kelas cepat, sedang dan lambat. (3) Hasil penerapan bahan ajar di MAN 2 Bantul adalah yang mencakup dari respon peserta didik dan hasil karya guru selama melakukan proses pembelajaran di MAN 2 Bantul date: 2018-11-27 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34276/1/14410022_BAB-I_IV-ATAU-v_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34276/2/14410022%2C%20BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: AMANAH SEPTIANI RISQI NUR RH P, NIM.14410022 (2018) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI MAN 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.