relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34278/
title: PLURALITAS AGAMA DAN PONDOK PESANTREN  (Studi di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara Mlangi Yogyakarta)
creator: A. Nasruddin Al Anshori, NIM. 14520028
subject: Pondok Pesantren
description: Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan penulis untuk  mengetahui lebih dalam mengenai pemahaman pluralitas agama dan peran  pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara. Sebagai lembaga  pendidikan Islam, Pondok Pesantren Aswaja Nusantara menanamkan nilainilai  pluralitas agama agar lahir generasi yang toleran dan dapat  menyesuaikan dengan peradaban zaman.  Berdasarkan uraian dalam latar belakang di atas, dapat dirumuskan  beberapa pokok masalah penelitian sebagai berikut: Bagaimana pluralitas  agama yang dipahami di pondok pesantren Aswaja Nusantara, Mlangi,  Yogyakarta? dan Bagaimana implementasi pluralitas agama di Pondok  pesantren Aswaja Nusantara?  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digunakan untuk  menggali informasi secara mendalam tentang pluralitas agama dan peran  pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara. Sedangkan teknik  pengumpulan data melalui observation, interview dan documentation.  Analisis dan teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara  dimana penulis mengolah dan menganalisis data yang diperoleh di lapangan.  Fokus penelitian yaitu pemahaman pluralitas agama dan peran pondok  pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara.  Hasil penelitian-penelitian menyatakan bahwa pemahaman pluralitas  agama dan peran pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara  dilakukan melalui hidden curriculum. Kurikulum tersembunyi yang  dimaksud adalah materi pluralitas agama tersebut tidak dimasukkan dalam  mata pelajaran yang terjadwal, melainkan ditanamkan melalui mindset  pengaruh kesamaan presfektif dalam paradigm ke-aswaja-an. Contohnya  antara lain ada dalam perbedaan pendapat untuk di hargai di anatara para  santri, kemajemukan pendapat ulama dalam kitab-kitab tentang bahasan  tertentu yang berkaitan dengan keagamaan, dan sebagainya.dan kegiatan  (perilaku) baik internal maupun eksternal. Sehingga santri dan pendatang  secara terbuka belajar dan mempraktekkan nilai-nilai pluralitas agama,  melalui interaksi santri dan pendatang non-Muslim.  Kata kunci: Pluralitas Agama, Pondok Pesantren, Implementasi Nilai-  Nilai.
date: 2018-04-12
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34278/1/14520028_BAB%20-I_I%20V-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34278/2/14520028_BAB-%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   A. Nasruddin Al Anshori, NIM. 14520028  (2018) PLURALITAS AGAMA DAN PONDOK PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara Mlangi Yogyakarta).  Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.