eprintid: 34278 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/42/78 datestamp: 2019-04-18 02:04:40 lastmod: 2019-04-18 02:04:40 status_changed: 2019-04-18 02:04:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: A. Nasruddin Al Anshori, NIM. 14520028 title: PLURALITAS AGAMA DAN PONDOK PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara Mlangi Yogyakarta) ispublished: pub subjects: pon_pes divisions: ag_ag full_text_status: restricted keywords: Pluralitas Agama, Pondok Pesantren, Implementasi Nilai- Nilai. note: Drs. Rahmat Fajri, M.Ag. abstract: Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan penulis untuk mengetahui lebih dalam mengenai pemahaman pluralitas agama dan peran pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara. Sebagai lembaga pendidikan Islam, Pondok Pesantren Aswaja Nusantara menanamkan nilainilai pluralitas agama agar lahir generasi yang toleran dan dapat menyesuaikan dengan peradaban zaman. Berdasarkan uraian dalam latar belakang di atas, dapat dirumuskan beberapa pokok masalah penelitian sebagai berikut: Bagaimana pluralitas agama yang dipahami di pondok pesantren Aswaja Nusantara, Mlangi, Yogyakarta? dan Bagaimana implementasi pluralitas agama di Pondok pesantren Aswaja Nusantara? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digunakan untuk menggali informasi secara mendalam tentang pluralitas agama dan peran pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observation, interview dan documentation. Analisis dan teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara dimana penulis mengolah dan menganalisis data yang diperoleh di lapangan. Fokus penelitian yaitu pemahaman pluralitas agama dan peran pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara. Hasil penelitian-penelitian menyatakan bahwa pemahaman pluralitas agama dan peran pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara dilakukan melalui hidden curriculum. Kurikulum tersembunyi yang dimaksud adalah materi pluralitas agama tersebut tidak dimasukkan dalam mata pelajaran yang terjadwal, melainkan ditanamkan melalui mindset pengaruh kesamaan presfektif dalam paradigm ke-aswaja-an. Contohnya antara lain ada dalam perbedaan pendapat untuk di hargai di anatara para santri, kemajemukan pendapat ulama dalam kitab-kitab tentang bahasan tertentu yang berkaitan dengan keagamaan, dan sebagainya.dan kegiatan (perilaku) baik internal maupun eksternal. Sehingga santri dan pendatang secara terbuka belajar dan mempraktekkan nilai-nilai pluralitas agama, melalui interaksi santri dan pendatang non-Muslim. Kata kunci: Pluralitas Agama, Pondok Pesantren, Implementasi Nilai- Nilai. date: 2018-04-12 date_type: published pages: 115 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: A. Nasruddin Al Anshori, NIM. 14520028 (2018) PLURALITAS AGAMA DAN PONDOK PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara Mlangi Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34278/1/14520028_BAB%20-I_I%20V-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34278/2/14520028_BAB-%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf