relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34281/
title: PENGAMALAN NILAI HABLU MINAL ’ALAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENUMBUHKAN AKHLAK   SISWA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS XI MAN 5 SLEMAN YOGYAKARTA
creator: LAILA DEWI AKHSANTY, NIM. 14410031
subject: Pendidikan Agama Islam
description: Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa idealnya  manusia menjaga hubungannya dengan alam secara harmonis dengan bersikap  peduli dan cinta terhadap alam. Namun kenyataannya ada saja manusia yang  merusak dan bersikap tidak peduli terhadap alam. MAN 5 Sleman berusaha untuk  mewujudkan suasana pembelajaran yang nyaman dan membentuk karakter siswa  yang peduli terhadap lingkungan, dengan menjadikan MAN 5 Sleman sebagai  madrasah adiwiyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengamalan nilai hablu minal ‘alam dalam program adiwiyata, implementasi  program adiwiyata dalam menumbuhkan akhlak siswa terhadap lingkungan, serta  faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program adiwiyata dalam  menumbuhkan akhlak siswa terhadap lingkungan kelas XI MAN 5 Sleman  Yogyakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yang mana pengumpulan  datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis  data dilakukan dengan reuksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi dan  uji keabsahan data.  Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengamalan nilai hablu  minal ‘alam dalam program adiwiyata di MAN 5 Sleman tertuang dalam beberapa  kegiatan yaitu kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan adiwiyata,  kebersihan lingkungan, komposter, pemilahan sampah, pengolahan sampah, area  bebas rokok, kantin sehat, visi-misi dan tujuan yang terintegrasi dengan  adiwiyata, biopori, sawah organik, duta adiwiyata serta pembinaan. 2)  Implementasi program adiwiyata dalam menumbuhkan akhlak siswa terhadap  lingkungan kelas XI MAN 5 Sleman dilakukan dengan kegiatan kerja bakti senin  bersih, duta adiwiyata, dan kegiatan pembelajaran yang berwawasan lingkungan,  serta Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan juga Peringatan Hari Nasional,  sehingga dapat menumbuhkan akhlak siswa terhadap lingkungan yaitu menjaga  kebersihan dan kelestarian alam, mengurangi penggunaan SDA secara  berlebihan, membuang sampah pada tempatnya, menjaga dan memelihara  tanaman, menjadi konsumen yang baik, pemanfaatan barang-barang yang sudah  tidak terpakai. 3) Faktor pendukung pelaksanaan program adiwiyata yaitu  kebijakan Kemenag, kebijakan sekolah, kesadaran dan keinginan siswa terhadap  lingkungan bersih, adanya anggaran dan sponsor, partisipasi dari stakeholder.  Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu dalam pelaksanaan  kegiatan, tingkat pemahaman siswa yang berbeda, kurangnya kebiasaan atau  budaya hidup bersih dan sehat dalam diri siswa, serta kurangnya peran siswa lakilaki  dalam menggalakkan hidup sehat
date: 2018-10-30
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34281/1/14410031_BAB%20I%2C%20%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34281/2/14410031_BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   LAILA DEWI AKHSANTY, NIM. 14410031  (2018) PENGAMALAN NILAI HABLU MINAL ’ALAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENUMBUHKAN AKHLAK SISWA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS XI MAN 5 SLEMAN YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.