%A NIM. 14410031 LAILA DEWI AKHSANTY
%O Drs. Mujahid, M. Ag.
%T PENGAMALAN NILAI HABLU MINAL ’ALAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENUMBUHKAN AKHLAK 
SISWA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS XI MAN 5 SLEMAN YOGYAKARTA
%X Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa idealnya
manusia menjaga hubungannya dengan alam secara harmonis dengan bersikap
peduli dan cinta terhadap alam. Namun kenyataannya ada saja manusia yang
merusak dan bersikap tidak peduli terhadap alam. MAN 5 Sleman berusaha untuk
mewujudkan suasana pembelajaran yang nyaman dan membentuk karakter siswa
yang peduli terhadap lingkungan, dengan menjadikan MAN 5 Sleman sebagai
madrasah adiwiyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengamalan nilai hablu minal ‘alam dalam program adiwiyata, implementasi
program adiwiyata dalam menumbuhkan akhlak siswa terhadap lingkungan, serta
faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program adiwiyata dalam
menumbuhkan akhlak siswa terhadap lingkungan kelas XI MAN 5 Sleman
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yang mana pengumpulan
datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis
data dilakukan dengan reuksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi dan
uji keabsahan data.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengamalan nilai hablu
minal ‘alam dalam program adiwiyata di MAN 5 Sleman tertuang dalam beberapa
kegiatan yaitu kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan adiwiyata,
kebersihan lingkungan, komposter, pemilahan sampah, pengolahan sampah, area
bebas rokok, kantin sehat, visi-misi dan tujuan yang terintegrasi dengan
adiwiyata, biopori, sawah organik, duta adiwiyata serta pembinaan. 2)
Implementasi program adiwiyata dalam menumbuhkan akhlak siswa terhadap
lingkungan kelas XI MAN 5 Sleman dilakukan dengan kegiatan kerja bakti senin
bersih, duta adiwiyata, dan kegiatan pembelajaran yang berwawasan lingkungan,
serta Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan juga Peringatan Hari Nasional,
sehingga dapat menumbuhkan akhlak siswa terhadap lingkungan yaitu menjaga
kebersihan dan kelestarian alam, mengurangi penggunaan SDA secara
berlebihan, membuang sampah pada tempatnya, menjaga dan memelihara
tanaman, menjadi konsumen yang baik, pemanfaatan barang-barang yang sudah
tidak terpakai. 3) Faktor pendukung pelaksanaan program adiwiyata yaitu
kebijakan Kemenag, kebijakan sekolah, kesadaran dan keinginan siswa terhadap
lingkungan bersih, adanya anggaran dan sponsor, partisipasi dari stakeholder.
Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu dalam pelaksanaan
kegiatan, tingkat pemahaman siswa yang berbeda, kurangnya kebiasaan atau
budaya hidup bersih dan sehat dalam diri siswa, serta kurangnya peran siswa lakilaki
dalam menggalakkan hidup sehat
%K hablu minal ‘alam, adiwiyata, akhlak siswa terhadap lingkungan.
%D 2018
%I UIN  SUNAN KALIJAGA
%L digilib34281