relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34295/
title: PENERAPAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA  SMA N 1 SEWON BANTUL
creator: EMY TAMAROH, NIM. 14410051
subject: Pendidikan Agama Islam
description: Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan Pasal 10 UU Republik  Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa terdapat 4  kompetensi yang harus dikuasai oleh guru pada umumnya, sedangkan pada PMA  No.16 tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada  Sekolah/Madrasah terdapat 5 kompetensi yang harus dikuasai oleh guru PAI.  Yang membedakan adalah guru PAI harus menguasai kompetensi  kepemimpinan. Permasalahannya banyak yang beranggapan bahwa kompetensi  kepemimpinan itu hanya milik kepala sekolah/madrasah atau wakil kepala serta  orang-orang yang berada di struktur organisasi sekolah. Padahal peran  kompetensi kepemimpinan guru PAI dapat membantu dalam membentuk  karakter siswa di sekolah. Karakter yang dimaksud yaitu menurut Kemendikbud  yang mengklasifikasikan nilai karakter menjadi lima yaitu: religius, nasionalis,  integritas, mandiri dan gotong royong. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk  mengetahui penguasaan kompetensi kepemimpinan guru PAI SMA N 1 Sewon, (2)  untuk mengetahui peran dan hasil kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam  membentuk karakter siswa SMA N 1 Sewon, (3) untuk mengetahui faktor  pendukung dan penghambat kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam  membentuk karakter siswa SMA N 1 Sewon.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar  SMA N 1 Sewon. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan adalah  sosiologi pendidikan. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan  penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan  trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.  Hasil penelitin menunjukkan bahwa: 1) penguasaan kompetensi  kepemimpinan guru PAI SMA N 1 Sewon sudah sangat baik, sesuai amanah KMA  No. 211 Tahun 2011. 2) Peran kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam  membentuk karakter siswa SMA N 1 Sewon yaitu: bertanggung jawab secara penuh  dalam pembelajaran PAI, mengorganisir lingkungan satuan pendidikan demi  terwujudnya budaya yang Islami, mengambil inisiatif dalam mengembangkan  potensi sekolah, berkolaborasi dengan seluruh unsur di lingkungan sekolah,  berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan di sekolah, membimbing dan  melayani konsultasi keagamaan dan sosial. Adapun hasilnya yaitu: siswa memiliki  karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. 3) Faktor  pendukung kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam membentuk karakter siswa  SMA N 1 Sewon yaitu: kebersamaan, SDM (Sumber Daya Manusia), kegiatan yang  disetujui sekolah, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu:  kurang koordinasi atau komunikasi, keterbatasan kemampuan, anggaran atau dana.
date: 2018-10-29
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34295/1/14410051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34295/2/14410051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   EMY TAMAROH, NIM. 14410051  (2018) PENERAPAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMA N 1 SEWON BANTUL.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.