eprintid: 34295
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 111
dir: disk0/00/03/42/95
datestamp: 2019-04-02 00:54:12
lastmod: 2019-04-02 00:54:12
status_changed: 2019-04-02 00:54:12
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: EMY TAMAROH, NIM. 14410051
title: PENERAPAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA
SMA N 1 SEWON BANTUL
ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Kompetensi Kepemimpinan, Karakter Siswa
note: Drs. Nur Hamidi, M.A.,
abstract: Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan Pasal 10 UU Republik
Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa terdapat 4
kompetensi yang harus dikuasai oleh guru pada umumnya, sedangkan pada PMA
No.16 tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada
Sekolah/Madrasah terdapat 5 kompetensi yang harus dikuasai oleh guru PAI.
Yang membedakan adalah guru PAI harus menguasai kompetensi
kepemimpinan. Permasalahannya banyak yang beranggapan bahwa kompetensi
kepemimpinan itu hanya milik kepala sekolah/madrasah atau wakil kepala serta
orang-orang yang berada di struktur organisasi sekolah. Padahal peran
kompetensi kepemimpinan guru PAI dapat membantu dalam membentuk
karakter siswa di sekolah. Karakter yang dimaksud yaitu menurut Kemendikbud
yang mengklasifikasikan nilai karakter menjadi lima yaitu: religius, nasionalis,
integritas, mandiri dan gotong royong. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk
mengetahui penguasaan kompetensi kepemimpinan guru PAI SMA N 1 Sewon, (2)
untuk mengetahui peran dan hasil kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam
membentuk karakter siswa SMA N 1 Sewon, (3) untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam
membentuk karakter siswa SMA N 1 Sewon.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar
SMA N 1 Sewon. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan adalah
sosiologi pendidikan. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan
trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.
Hasil penelitin menunjukkan bahwa: 1) penguasaan kompetensi
kepemimpinan guru PAI SMA N 1 Sewon sudah sangat baik, sesuai amanah KMA
No. 211 Tahun 2011. 2) Peran kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam
membentuk karakter siswa SMA N 1 Sewon yaitu: bertanggung jawab secara penuh
dalam pembelajaran PAI, mengorganisir lingkungan satuan pendidikan demi
terwujudnya budaya yang Islami, mengambil inisiatif dalam mengembangkan
potensi sekolah, berkolaborasi dengan seluruh unsur di lingkungan sekolah,
berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan di sekolah, membimbing dan
melayani konsultasi keagamaan dan sosial. Adapun hasilnya yaitu: siswa memiliki
karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. 3) Faktor
pendukung kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam membentuk karakter siswa
SMA N 1 Sewon yaitu: kebersamaan, SDM (Sumber Daya Manusia), kegiatan yang
disetujui sekolah, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu:
kurang koordinasi atau komunikasi, keterbatasan kemampuan, anggaran atau dana.
date: 2018-10-29
date_type: published
pages: 205
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN  KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   EMY TAMAROH, NIM. 14410051  (2018) PENERAPAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMA N 1 SEWON BANTUL.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34295/1/14410051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34295/2/14410051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf