eprintid: 34295 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/42/95 datestamp: 2019-04-02 00:54:12 lastmod: 2019-04-02 00:54:12 status_changed: 2019-04-02 00:54:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EMY TAMAROH, NIM. 14410051 title: PENERAPAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMA N 1 SEWON BANTUL ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kompetensi Kepemimpinan, Karakter Siswa note: Drs. Nur Hamidi, M.A., abstract: Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan Pasal 10 UU Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa terdapat 4 kompetensi yang harus dikuasai oleh guru pada umumnya, sedangkan pada PMA No.16 tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah/Madrasah terdapat 5 kompetensi yang harus dikuasai oleh guru PAI. Yang membedakan adalah guru PAI harus menguasai kompetensi kepemimpinan. Permasalahannya banyak yang beranggapan bahwa kompetensi kepemimpinan itu hanya milik kepala sekolah/madrasah atau wakil kepala serta orang-orang yang berada di struktur organisasi sekolah. Padahal peran kompetensi kepemimpinan guru PAI dapat membantu dalam membentuk karakter siswa di sekolah. Karakter yang dimaksud yaitu menurut Kemendikbud yang mengklasifikasikan nilai karakter menjadi lima yaitu: religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penguasaan kompetensi kepemimpinan guru PAI SMA N 1 Sewon, (2) untuk mengetahui peran dan hasil kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam membentuk karakter siswa SMA N 1 Sewon, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam membentuk karakter siswa SMA N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA N 1 Sewon. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan adalah sosiologi pendidikan. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitin menunjukkan bahwa: 1) penguasaan kompetensi kepemimpinan guru PAI SMA N 1 Sewon sudah sangat baik, sesuai amanah KMA No. 211 Tahun 2011. 2) Peran kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam membentuk karakter siswa SMA N 1 Sewon yaitu: bertanggung jawab secara penuh dalam pembelajaran PAI, mengorganisir lingkungan satuan pendidikan demi terwujudnya budaya yang Islami, mengambil inisiatif dalam mengembangkan potensi sekolah, berkolaborasi dengan seluruh unsur di lingkungan sekolah, berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan di sekolah, membimbing dan melayani konsultasi keagamaan dan sosial. Adapun hasilnya yaitu: siswa memiliki karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. 3) Faktor pendukung kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam membentuk karakter siswa SMA N 1 Sewon yaitu: kebersamaan, SDM (Sumber Daya Manusia), kegiatan yang disetujui sekolah, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurang koordinasi atau komunikasi, keterbatasan kemampuan, anggaran atau dana. date: 2018-10-29 date_type: published pages: 205 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: EMY TAMAROH, NIM. 14410051 (2018) PENERAPAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMA N 1 SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34295/1/14410051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34295/2/14410051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf